Lima Manfaat Konsumsi Pepaya Secara Rutin

oleh
Buah Pepaya. Foto : Shutterstock

AKCAYANEWS.COM – Pepaya salah satu buah yang bergizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Konsumsi buah pepaya di musim panas bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Karena, buah pepaya penuh dengan vitamin esensial, serat dan mineral seperti seng dan magnesium. Sehingga buah pepaya sangat tepat dimasukkan ke dalam menu diet Anda.

Berikut ini dilansir dari laman Suara.Com yang mengutip News Bytes, manfaat kesehatan dari makan pepaya secara teratur.

1. Mencegah Diabetes

Diabetes salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak diderita orang sekarang ini. Konsumsi buah pepaya bisa membantu Anda mencegah diabetes sejak dini.

Meskipun pepaya terkadang rasanya manis, buah ini mengandung kadar gula rendah. Karena itu, buah pepaya bisa mencegah kadar gula darah meningkat.

Selain itu, pepaya juga sarat dengan serat makanan yang bisa membantu memerangi kadar gula darah tinggi, terutama pada penderita diabetes.

2. Meningkatkan Visi Mata

Konsumsi buah pepaya secara teratur bisa meningkatkan penglihatan. Karena, buah pepaya kaya vitamin A esensial yang bagus untuk kesehatan mata.

Buah pepaya juga melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi medis yang menyeabkan mata kabur atau hilangnya penglihatan total akibat penuaan.

3. Mengobati Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang lansia. Dalam hal ini, konsumsi pepaya bisa membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada tulang.

Karena, pepaya mengandung papain, yakni senyawa anti-inflamasi. Selain itu, konsumsi pepaya secara teratur juga membantu membangun kalsium dalam tubuh dan memperkuat tulang.

4. Meredakan Kram Menstruasi

Banyak wanita merasakan sakit perut parah ketika haid atau menstruasi. Konsumsi pepaya bisa membantu mengatasi kondisi ini.

Karena, pepaya membantu memudahkan aliran darah menyakitkan ketika terjadi kontraksi otot-otot rahim. Selain itu, pepaya juga mengandung karoten, suatu zat yang membantu mengatur hormon estrogen dalam tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pepaya juga kaya vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga makan pepaya teratur bisa membantu menghilangkan risiko berbagai infeksi penyakit.

Selain itu, pepaya yang kaya serat dan air bisa memudahkan pergerakan usus dan mencegah masalah pencernaan, seperti sembelit. (**)