Ini Cara Membedakan Flu Biasa dengan Influenza A

oleh
Lelaki sedang menderita influenza atau flu. Foto : shutterstock

AKCAYANEWS.COM – Wabah penyebaran penyakit influenza A di Malaysia membuat sejumlah orang paranoid. Influenza A merupakan penyakit mematikan yang gejalanya hampir mirip dengan flu biasa.

Karena itu, seseorang mungkin kesulitan membedakan antara gejala influenza A dengan flu biasa. Meskipun gejala influenza A sedikit lebih parah daripada flu biasa.

Dilansir dari laman Suara.com yang mengutip laman World of Buzz, gejala umum influenza A dan flu biasa meliputi demam, sakit kepala, batuk dan sakit tenggorokan. Namun, gejala influenza biasa terjadi lebih mendadak dan lebih buruk dibandingkan flu biasa.

Gejala influenza A juga biasanya akan dimulai dari paling ringan, lalu akan memburuk secara bertahap. Jika Anda mengalami flu biasa, efek samping seperti sakit leher atau nyeri tubuh sangatlah normal.

Selain itu, flu biasa juga disertai hidung berair dan hidung tersumbat. Jika tidak atau gejalanya terasa lebih parah, bisa jadi Anda menderita influenza A. Ciri-cirinya antara lain:

1. Penderita influenza A biasanya akan mengalami demam tinggi dengan suhu tubuh 37,8 hingga 40 derajat celcius.

2. Pasien influenza juga cenderung mengalami periode kelelahan yang lama dan berlangsung selama berminggu-minggu. Bahkan mereka juga akan merasa lelah setiap kali bangun tidur.

3. Mual, muntah dan diare sering terjadi pada pasien influenza.

4. Komplikasi berat seperti pneumonia lebih cenderung terjadi pada pasien influenza A.

5. Kesulitan dalam bernapas.

6. Bibir dan kulit membiru.

Meskipun begitu, Anda tetap harus melakukan tes laboratorium untuk mendapatkan hasil yang akurat. Selain itu, tes laboratorium ini bisa membedakan gejala yang Anda alami merupakan penyakit ringan atau serius. (Suara.com/World of Buzz/Rar)