7 Manfaat Bersepeda Statis untuk Lutut dan Persendian Tubuh

oleh
Menggunakan sepeda statis sangat bermanfaat untuk tubuh. Foto : Shutterstock

AKCAYANEWS.COM – Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang bisa saja menjadi olahraga berat tergantung intensitasnya. Namun bagi orang-orang yang sebelumnya sudah memiliki masalah kesehatan terutama cidera tentunya sangat sulit untuk memilih olahraga yang sesuai padahal olahraga sudah menjadi suatu keharusan jika ingin memiliki tubuh yang tetap bugar dan sehat.

Alasan Pemilihan Sepeda Statis

Jika seseorang yang sudah pernah cidera tentunya memilih jenis olahraga harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan sebaiknya pilihlah olahraga dengan tingkat risiko cidera yang rendah dan salah satunya adalah sepeda statis.

Manfaat berolahraga dengan sepeda statis sebenarnya tak jauh berbeda dengan manfaat bersepeda bagi kesehatan pada umumnya hanya saja jika sepeda biasa bisa dibawa keluar rumah, sepeda statis tidak. Namun dari segi keamanan sepeda statis jauh lebih direkomendasikan bagi mereka yang sebelumnya sudah pernah cidera terutama pada bagian lutut.

Manfaat Sepeda Statis untuk Lutut

Jika bagian lutut pernah cidera maka dapat membuat seseorang menjadi sulit bergerak karena biasanya perlahan-lahan lutut akan menjadi kaku sehingga menjadi sangat sulit digerakkan.

Bersepeda termasuk salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan persendian dan sepeda statis dapat digunakan dengan risiko cidera yang sangat rendah.

Untuk lebih jelasnya tentang manfaat berolahraga dengan sepeda statis untuk kesehatan lutut berikut adalah beberapa daftarnya.

1.Membantu Menjaga Persendian tetap Sehat

Bagian persendian terutama bagian lutut perlu terus dilatih agar tetap dapat bergerak secara fleksibel. Kesehatannya harus senantiasa dijaga agar terus dapat menopang tubuh dengan optimal. Namun pemilihan olahraga yang tepat untuk lutut juga tidak mudah namun ternyata bersepeda merupakan salah satu rekomendasi yang terbaik karena ketika bersepeda lutut tidak terlalu terbebani.

2.Bersepeda Tidak Terlalu Membebani Lutut

Seperti yang telah disebutkan di poin pertama bahwa manfaat olahraga secara teratur dengan sepeda ternyata tidak terlalu membebani lutut sehingga cocok bagi Anda yang memang memiliki masalah pada persendian lutut atau pernah cidera. Namun Anda tidak perlu khawatir manfaat berolahraga dengan sepeda statis ternyata sangat banyak sekali bagi kesehatan tak hanya untuk bagian lutut saja mulai dari menjaga postur tubuh tetap baik sampai membantu menjaga kadar kolesterol darah.

3.Sepeda Statis Membuat Tubuh Bergerak Fleksibel

Memiliki tubuh yang ideal tidak akan cukup jika tidak dapat bergerak secara bebas. Manfaat olahraga sangatlah penting dalam menjaga tubuh tetap fleksibel namun bagaimana dengan Anda yang memiliki masalah pada lutut sehingga pemilihan jenis olahraga yang tepat menjadi suatu tantangan tersendiri. Ternyata bersepeda juga sangat baik untuk kesehatan sendi dan lutut.

4.Tetap Bisa Menguatkan Otot Kaki dan Paha

Walaupun dikatakan bahwa bersepeda tidak terlalu membebani lutut namun ternyata melakukan olahraga ini secara teratur tetap dapat membentuk dan menguatkan otot kaki dan otot paha sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki bentuk kaki yang terlihat jenjang dengan otot-otot yang kuat.

5.Sepeda Statis Memiliki Risiko Cidera yang Rendah

Jika Anda adalah salah seorang yang pernah mengalami cidera terutama pada bagian lutut berolahraga menjadi suatu tantangan tersendiri karena berolahraga juga memiliki risikonya sendiri. Oleh karena itu memilih jenis olahraga yang rendah risiko bisa menjadi solusi sehingga Anda tetap bisa mendapatkan manfaat berolahraga secara teratur tanpa takut adanya risiko cidera. Sepeda statis adalah salah satu solusi yang paling direkomendasikan bagi Anda yang mencari jenis olahraga dengan risiko cidera atau kecelakaan yang rendah.

6.Membantu Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan lutut adalah dengan tetap menjaga berat badan tetap stabil. Berolahraga dengan sepeda statis bisa membantu Anda membakar kalori secara maksimal sehingga berat badan tetap terjaga.

7.Solusi Olahraga Ringan dengan Sejuta Manfat

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata berolahraga dengan sepeda statis termasuk dalam jenis olahraga ringan karena memang tidak terlalu berat dan bisa dilakukan oleh hampir siapa saja baik dari umur produktif sampai yang sudah tua bahkan penggunannya tidak perlu mahir bersepeda. Namun jangan salah, walaupun tergolong dalam olahraga ringan bersepeda statis memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan.

Dibandingkan dengan berjalan kaki atau jogging, sepeda statis jelas lebih baik dalam menjaga kesehatan lutut karena ketika bersepeda persendian tetap dilatih namun tidak memberikan beban terlalu besar pada bagian lutut tidak seperti ketika berjalna kaki atau jogging.

Selain itu, manfaat olahraga teratur  dengan sepeda statis juga membuat endurance atau ketahanan tubuh Anda lebih baik dibandingkan ketika berjalan kaki atau jogging sehingga jika dihitung dengan kilo meter jarak tempuh Anda akan lebih jauh jika menggunakan sepeda dari pada berjalan kaki atau jogging itu artinya Anda dapat mengoptimalkan proses pembakaran kalori dengan jauh lebih efektif. (Sumber : Manfaat.co.id)