Tanda Tak Lazim pada Tubuh Ini Tunjukan Gejala Penyakit Jantung

oleh
Ilustrasi penyakit jantung. Foto : Istimewa

JAKARTA – Berdasarkan data Sample Registrasion System (SRS) Kementerian Kesehatan RI di Indonesia penyakit jantung menempati urutan ke-2 sebagai penyebab kematian tertinggi.

Karena itulah penting untuk mengetahui gejala penyakit jantung supaya bisa segera tertangani dan tidak sampai memakan korban.

Dilansir dari theconversation.com, berikut ini beberapa tanda tak lazim pada tubuh yang ternyata menunjukan gejala penyakit jantung.

1.Jari Tabuh (Clubbed Fingernails)

Jika jari-jari mengalami penebalan dan ukurannya melebar serta berbentuk bulat, sebaiknya periksakan diri ke dokter karena merupakan gejala penyakit serius, jantung salah satunya. Menurut dr. Suci Dwi Putri dilansir dari KlikDokter, jari tabuh atau yang dikenal juga dengan istilah Hippocraric fingers ini terjadi akibat kekurangan oksigen di pembuluh darah perifer (jari-jari).

Karena kurangnya oksigen, tubuh merangsang otak untuk melebarkan pembuluh darah di jari-jari. Akibatnya jari-jari pun tampak membesar. Selain disebabkan penyakit jantung, jari tabuh ini juga bisa jadi gejala penyakit paru-paru, hipertiroidisme, atau sirosis (kerusakan hati).

2.Lipatan Daun Telinga

Tanda tak lazim lainnya yang bisa jadi gejala penyakit jantung adalah Tanda Frank atau Frank’s sign, berupa lipatan pada daun telinga. Nama ini diambil dari Sanders Frank, seorang dokter di Amerika yang menemukan gejala ini.

Adanya tanda ini menunjukan masalah aliran darah di pembuluh darah jantung atau aterosklerosis. Selain itu bisa juga jadi tanda adanya gangguan pembuluh darah pada otak (penyakit serebrovaskular).

3.Benjolan Lemak

Meski tidak sakit, jangan dianggap remeh jika tubuh terdapat benjolan lemak berwarna kuning atau putih. Biasanya terdapat di area siku, lutut, pantat atau kelopak mata. Istilahnya xanthoma. Hal ini disebabkan tingginya kadar kolesterol jahat sehingga menumpuk di jaringan kulit.

4.Halo Sekeliling Iris Mata

Adanya halo, yakni semacam lingkaran di sekitar iris mata juga bisa menandakan penyakit jantung. Halo pada iris mata atau istilahnya arcus senilis terjadi akibat penumpukan lemak.