Empat Gejala Ini Tunjukan Tubuh Terserang Tumor Otak

oleh
Ilustrasi tubuh menderita penyakit tumor otak. Foto : Istimewa

JAKARTA – Dilansir klikdokter.com, dr. Karin Wiradarma mengatakan ada 2 jenis tumor yang ada di dalam tubuh manusia, yakni tumor jinak dan ganas. Tumor jinak tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

Sementara tumor ganas atau disebut kanker bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain.

“Kanker otak ini bisa juga terjadi akibat penyebaran sel kanker lain misalnya kanker payudara, usus besar, serta kanker paru-paru,” ujae Karin, Selasa (07/01/20).

Sedangkan, dr. Dyan Mega Inderawati mengungkapkan, ada beberapa gejala tumor otak yang patut diwaspadai.

“Jika mengalami tanda-tanda ini, bisa jadi secara diam-diam tubuh Anda sudah diserang tumor otak,” ujarnya

Adapun beberapa gejala yang menandakan di dalam tubuh terdapat tumor otak adalah sebagai berikut :

1.Gangguan Penglihatan

Seluruh sistem kerja dalam tubuh diatur oleh otak. Itulah sebabnya ketika otak terganggu, bagian tubuh lain juga akan terkena dampaknya. Salah satunya indera penglihatan.

Gangguan penglihatan bisa terjadi berupa pandangan jadi buram tiba-tiba, silau ketika melihat satu objek, atau malah tidak bisa melihat sama sekali.

2.Penurunan Fungsi Sensorik

Otak juga mengatur fungsi sensorik. Adanya tumor bisa menyebabkan gangguan sensorik.

3.Salah Satu Sisi Tubuh Melemah

Di bagian otak juga terdapat bagian yang mengatur gerak tubuh manusia. Ketika otak terganggu, biasanya tubuh tidak bisa digerakkan secara sempurna. Biasanya salah satu sisi tubuh akan melemah atau sulit digerakkan.

4. Sulit Fokus

Adanya tumor di otak juga bisa menyebabkan penderitanya sulit konsentrasi, termasuk menganalisa hal-hal sederhana. Daya ingat pun menurun. Jika mengalami hal ini disertai juga sakit kepala yang hebat, sebaiknya periksakan diri ke dokter karena bisa jadi sinyal kuat adanya tumor otak.