10 Kota Paling Nyaman untuk Ditinggali

oleh
Ilustrasi daerah perkotaan. Foto : Shutterstock

AKCAYANEWS.COM – Memiliki tempat tinggal adalah salah satu dari 7 kebutuhan dasar setiap manusia, selain makan dan istirahat. Nah, tahukah kamu kalau setiap tahunnya ada 10 kota yang dinyatakan paling nyaman untuk ditinggali?.

Setiap tahunnya, The Economist Intelegence Unit (EIU), mengurutkan 140 kota dan menyatakan mereka sebagai kota ternyaman untuk ditinggali. Faktor yang diperhitungkan untuk memilih dan mengurutkan kota tersebut antara lain kualitas layanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, stabilitas, dan budaya. Lebih dari 30 faktor dipertimbangkan ketika menghitung setiap peringkat, yang kemudian dinilai dalam skor antara satu dan 100.

Kenapa daftar ini dibuat?, sebelumnya perlu diketahui, EIU merupakan unit bisnis dari The Economist Group sebuah perusahaan media multinasional Inggris yang terkenal dengan medianya bernama The Economist.

Dengan adanya daftar kota ternyaman ini, EIU bertujuan membantu para pemimpin bisnis di seluruh dunia dalam mempersiapkan peluang dan yakin ketika membuat keputusan bisnis yang strategis. Pasalnya, daftar negara yang disusun ini dianggap memiliki kondisi pasar, negara, dan industri yang komprehensif, sehingga dapat mendukung perkembangan bisnis sebuah perusahaan multinasional.

Namun perlu diketahui, nyatanya bukan hanya The Economist Intelligence Unit yang rutin mengeluarkan daftar kota semacam ini. Walau tak sepopuler daftar dari EIU, setidaknya ada dua institusi lain yang juga rutin mengurutkan kota paling nyaman untuk ditinggali. Mereka adalah Mercer’s Quality of Living Ranking dan Monocle’s Quality of Life Survey.

Quality of Living dibuat dan dirilis oleh firma personalia asal Amerika Serikat bernama Mercer. Daftar yang mereka susun membandingkan 221 kota berdasarkan 39 kriteria, seperti keamanan, pendidikan, higienitas, dan fasilitas kesehatan.

Daftar ini dibuat dengan tujuan untuk membantu perusahaan multinasional menentukan di mana sebaiknya mereka memperluas bisnis mereka dan berapa semestinya perusahaan tersebut menggaji karyawannya.

Daftar lain yang menyorot kota ternyaman untuk ditinggali adalah Quality of Life Survey, yang dibuat dan dirilis oleh majalah gaya hidup asal Amerika Serikat bernama Monocle. Poin utama yang diperhitungkan dalam daftar ini adalah keamanan atau tingkat kriminal, konektivitas internasional, iklim, dan kualitas arsitektur.

Penentuan kriteria ini memang dibuat untuk menyesuaikan visi majalah tersebut yang ingin memberikan perspektif global tentang urusan internasional, bisnis, budaya, desain, dan mode.

Adapun, kota yang menjadi 10 besar paling nyaman untuk ditinggali menurut EIU di tahun 2019 adalah sebagai berikut :

1.Wina, Austria

Selama dua tahun berturut-turut, ibu kota negara Austria ini menempati posisi teratas sebagai kota paling nyaman untuk ditinggali. Bukan hanya berdasarkan survei yang dibuat oleh EIU, Wina juga unggul di survei yang dibuat oleh Mercer dan Monocle.

2.Melbourne, Australia

Sebelum dikalahkan oleh Wina, Melbourne menjadi “pemenang bertahan” di daftar kota ternyaman selama 7 tahun berturut-turut! Walau tahun 2019 Melbourne berada di posisi kedua, kota ini masih meraih nilai 100 untuk fasilitas kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

3.Sydney, Australia

Menurut EIU, Sydney dapat naik ke posisi 3, setelah sebelumnya berada di nomor 5, berkat upaya baru mereka untuk mengatasi dampak perubahan iklim, serta kemajuan di budaya dan lingkungannya.

4.Osaka, Jepang

Kota terbesar kedua setelah Tokyo ini sayangnya turun ke posisi 4, setelah sebelumnya berada di nomor 3.

5.Calgary, Kanada

Meskipun turun dari rangking 4 ke 5 dalam survei tahun 2019, Calgary tetap menjadi kota yang paling layak huni di Amerika Utara, mengalahkan saingan lainnya, Vancouver dan Toronto. Sebagai rumah bagi 1,3 juta orang, Calgary sering dikenal karena kualitas hidupnya yang tinggi.

6.Vancouver, Kanada

Kota ini pernah menjadi kota yang paling layak huni dari tahun 2002 hingga 2010, dan sekali lagi pada tahun 2015. Meskipun termasuk kota yang padat, Vancouver masih memiliki skor layak huni yang sangat tinggi, yaitu 97,3. Nilai sempurna berhasil diraih oleh kota ini dalam bidang kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, dan infrastrukturnya.

7.Toronto, Kanada

Satu lagi kota dari benua Amerika yang masuk dalam daftar kota paling nyaman untuk ditinggali. Kota terpadat di Kanada ini juga dinobatkan sebagai kota kontemporer paling multibudaya di dunia. Pasalnya, 51% penduduknya lahir di luar Kanada dan merupakan rumah bagi lebih dari 230 negara.

8.Tokyo, Jepang

Menjelang Olimpiade Musim Panas 2020, Tokyo sebagai tuan rumah telah mengalami transformasi yang cepat. Tokyo juga dikenal sebagai salah satu kota teraman di dunia. Tidak hanya itu, kota ini populer di kalangan wisatawan sebagai kota dengan perpaduan kecanggihan teknologi dan budaya tradisional yang apik.

9.Kopenhagen, Denmark

Kopenhagen adalah satu-satunya kota Eropa yang masuk dalam daftar setelah Wina. Meskipun biaya hidup di kota ini relatif tinggi, Denmark menawarkan infrastruktur dan layanan kesehatan yang sangat baik. Kota ini juga berkomitmen untuk menjadi kota paling ramah bagi pesepeda di dunia, dengan mencanangkan sebuah program untuk meningkatkan persentase penumpang yang bepergian dengan sepeda hingga 50% pada tahun 2025.

10.Adelaide, Australia

Australia cukup unggul tahun ini karena ada tiga kotanya yang termasuk dalam daftar. Dengan populasi 1,3 juta, Adelaide menjadi semakin dikenal karena memiliki perkebunan anggur kelas dunia, pantai yang masih asli, dan pertumbuhan wisata kuliner yang menggiurkan. (Sumber : GueSehat.Com/Rar)