Lima Sikap Sederhana Ini akan Buat Kaya

oleh
Ilustrasi memiliki banyak uang. Foto : Istimewa

JAKARTA – Menjadi kaya raya sudah tentu jadi impian kebanyakan orang. Kecuali sudah mendapatkan warisan yang melimpah, untuk menjadi kaya raya sendiri tidak bisa didapatkan dengan instan. Butuh kerja keras, proses, dan kesabaran untuk bisa menjadi kaya.

Dan sebagai langkah awal, kamu perlu memulai dengan mengubah kebiasaan. Sebab, kebiasaan bisa menjadi latihan dan sangat memengaruhi masa depanmu, khususnya dalam hal mengelola finansial. Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu terapkan agar cepat kaya seprti yang dilansir dari laman idntimes

1. Investasikan uangmu

Untuk menjadi kaya, penting untuk mengusahakan agar kamu bisa menyisakan uang dan mengembangkannya. Artinya, kamu harus mulai berinvestasi, bukan sekadar menabung uangmu di rekening bank, sebab bunga yang akan kamu dapatkan sangatlah tidak sesuai jika dibandingkan dengan tingkat inflasi. Untuk itu, kamu perlu menyimpan uangmu dalam bentuk investasi.

Akan tetapi, pastikan kamu melakukan riset mendalam agar tidak terjebak dalam investasi abal-abal yang justru merugikanmu. Jika kamu masih pemula, investasi dalam bentuk emas bisa jadi pilihan yang tepat dan aman untuk kamu.

2. Menciptakan sumber pendapatan lain

Sebagian besar jutawan memiliki banyak sumber pendapatan, sehingga sangat masuk akal jika kemudian mereka menjadi jutawan. Dan buat kamu, walaupun kamu tidak bercita-cita menjadi jutawan, kamu tetap perlu memiliki lebih dari satu sumber penghasilan.

Sebab dengan memiliki beberapa aliran pendapatan, artinya kamu akan bisa menabung lebih banyak, berinvestasi lebih banyak, melunasi utang lebih cepat, serta membuat keuanganmu tetap aman jika suatu saat nanti kamu kehilangan pekerjaan.

3. Hidup di bawah batas kemampuan

Hidup di bawah kemampuan adalah salah satu kebiasaan terbaik untuk diadopsi jika kamu ingin menjadi kaya. Sayangnya, untuk mengadopsi kebiasaan ini, kamu butuh niat dan usaha yang kuat. Sebab, secara alamiah, manusia memang memiliki kecenderungan untuk membelanjakan uang sesuai kemampuan, bahkan melebihi kemampuan. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa terkadang kondisi keuangan tetap stagnan kendati penghasilan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Untuk itu, tak peduli berapa banyak penghasilanmu, cobalah untuk selalu mengeluarkan uang seperti saat penghasilanmu masih minim. Bukan berarti kamu harus pelit, tapi lebih ke jangan merasa sudah memiliki banyak uang dan pantas berfoya-foya hanya karena penghasilanmu sedikit mengalami peningkatan.

4. Jauhkan sifat-sifat iri hati dan ingin menyaingi orang lain

Pernah merasa iri saat melihat orang lain membeli kendaraan baru, perhiasan baru, makan di restoran mewah, membeli barang-barang mewah, atau berlibur ke luar negeri, kemudian kamu mengikuti gaya hidup mereka atas nama gengsi? Kalau iya, pantas saja uang tabunganmu selalu habis tak bersisa. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, untuk menjadi kaya raya, kamu perlu hidup dengan sederhana, atau minimal sesuai kemampuan.

Untuk itu, jauhkan sifat iri hati dan ingin menyaingi orang lain. Bila perlu, unfollow akun media sosial influencer yang sekiranya suka memamerkan kehidupannya yang mewah dan membuat kamu tanpa sadar mengikutinya.

5. Biasakan untuk memilih barang yang berkualitas dan awet, bukan karena mereknya

Menjadi korban tren hanya akan menjadikan kamu boros dan sulit kaya. Sebab, korban tren biasanya akan membeli barang hanya karena kebanyakan orang memakai barang tersebut atau karena perasaan bangga jika memakai barang dengan merek tertentu. Untuk itu, berusahalah untuk keluar dari kebiasaan ini.

Biasakan untuk hanya membeli sesuatu yang kamu butuhkan, dan perhatikan kualitas barang, bukan merek. Dengan membeli barang yang bermanfaat dengan kualitas yang baik, niscaya kamu akan dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu berkali-kali membeli barang yang mahal.