Timnas Indonesia Bakal Ikuti Enam Laga Persahabatan FIFA

oleh

JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan tim nasional Indonesia akan menghadapi enam laga persahabatan internasional FIFA, baik di dalam maupun luar negeri, di sepanjang tahun 2020.

Dikutip dari laman Suara.com yang mengutip laman resmi PSSI di Jakarta, pertandingan itu sebagai persiapan timnas untuk berkompetisi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, sekaligus sebagai kualifikasi Piala Asia 2023, dan Piala AFF 2020.

Meski demikian, PSSI belum memastikan jadwal dan lawan timnas dalam laga-laga persahabatan tersebut.

PSSI baru bisa memastikan bahwa timnas akan menuntaskan enam kali pemusatan latihan (TC) sepanjang tahun 2020 dengan durasi masing-masing 14 hari.

Jadwal TC itu disesuaikan dengan penjadwalan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dan periode pertandingan FIFA.

“Selain itu, akan ada koordinasi antarpelatih tim nasional, klub dan PSSI,” tulis PSSI dalam keterangan resminya.

Pada tahun 2020, timnas Indonesia memulai kiprahnya di turnamen internasional tanggal 26 Maret 2020 dengan menghadapi tuan rumah Thailand dalam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Selanjutnya, masih di Grup G, tanggal 31 Maret 2020, Indonesia menjamu Uni Emirat Arab (UAE) di Jakarta dan terakhir bertandang ke Vietnam untuk melawan tuan rumah pada 4 Juni 2020.

Lalu pada akhir tahun 2020, Indonesia akan berlaga di Piala AFF 2020.

PSSI menargetkan timnas Indonesia menjadi finalis di Piala AFF. Sementara di kualifikasi Piala Dunia 2022, di mana Indonesia selalu kalah di lima laga, PSSI hanya ingin menuntaskan kualifikasi dengan hasil positif.

Target pamungkas PSSI pada tahun 2020, yaitu timnas Indonesia dapat mencapai peringkat 150 FIFA.

Sampai berita ini diturunkan, Indonesia bertengger di posisi 173 FIFA. (Suara.com/PSSI/Rar)