Saksikan.! Ribuan Warga Salat Gerhana Matahari Cincin di Masjid Mujahidin Pontianak

oleh

PONTIANAK -Ribuan warga di Kota Pontianak melaksanakan Salat gerhana matahari di masjid raya Mujahidin pada Kamis (26/12/19) siang.

Selain melaksanakan Salat sunah kusuf atau Salat gerhana matahari, ribuan warga juga ngin menyaksikan secara langsung kebesaran sang pencipta melalui fenomena alam gerhana matahari cincin yang terjadi setiap 300 tahun sekali.

Salat Kusuf ini dilakukan setelah Salat dzuhur berjamaah. Momen Salat yang berjalan dengan khidmat ini, terlebih dahulu diawali dengan informasi tata cara pelaksanaan Salat Kusuf.

Pada saat fenomena gerhana matahari berlangsung, umat islam dianjurkan untuk melaksanakan Salat gerhana atau disebut Salat Sunat Kusuf,  dan hukum Salat gerhana matahari adalah sunah muakkadah atau sangat dianjurkan.

Ketua yayasan masjid Mujahidin Pontianak Thamrin Usman mengungkapkan penyelenggaraan Salat tersebut telah dipersiapkan panitia pelaksana. Diharapkan, melalui fenomena alam ini, agar masyarakat dapat merasakan dan berpikir terhadap kebesaran serta kekuasaan sang ilahi.

Usai Salat Kusuf, warga pun mengabadikan fenomena gerhana matahari cincin dengan menggunakan handphone, bahkan ada salah seorang juru potret yang sambil berbaring mengabadikan fenomena gerhana matahari yang muncul setiap 300 tahun sekali ini.

Saksikan berita selengkapnya dalam video diatas. (Dody)