Kapolresta Pontianak Serahkan DIPA 2020 ke Satuan Kerja di Institusinya

oleh
Kapolres Pontianak Kota AKBP Komarudin saat memberikan sambutan sosialisasi DIPA RKA - K/L tahun 2020 di Mapolresta Pontianak. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Kapolresta Pontianak Kota AKBP Komarudin secara resmi menyerahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2020 kepada Satuan Kerja Pengelola Dana APBN di satuan kerja Polresta Pontianak Kota di Aula Polresta Pontianak Kota, Kamis (05/12/19) siang.

Alokasi pagu dalam DIPA merupakan batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui, dan pelaksanaannya harus dapat di dipertanggung jawabkan.

DIPA yang diserahkan Kapolresta diperuntukan kepada Polresta Pontianak Kota dan jajarannya, sebagian di satuan kerja yang berada di Polres Kubu Raya.

Hadir dalam penyerahan DIPA tahun anggaran 2020 ini, Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana beserta Kasatker penerima DIPA tahun 2020 yang berada diwilayahnya.

Dalam sambutanya, Kapolresta Pontianak Kota AKBP Komarudin menyampaikan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) merupakan dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun, dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan oleh pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran yang berlaku untuk satu tahun anggaran.

“Pada tahun anggaran 2020 DIPA yang akan diserahkan kepada kesatuan kerja Sebanyak 26 DIPA  dengan nilai alokasi sebesar Rp. 122.492.214.000 (Seratus Dua Puluh Dua Milyar Empat Ratus Sembilan Puluh Dua Juta Dua ratus Empat Belas Ribu Rupiah) yang akan saya Serahkan pada hari ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kapolresta menjelaskan, DIPA merupakan informasi satuan-satuan terukur yang berfungsi sebagai dasar pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran yang dapat dimanfaatkan sebagai alat pengendali, pelaksanaan, pelaporan, pengawasan, dan sekaligus merupakan perangkat akuntansi pemerintah.

“Alokasi pagu dalam DIPA merupakan batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanaannya harus dapat di dipertanggungjawabkan, proses administrasi penyelesaian dan penyampaian DIPA tahun anggaran 2020 dilakukan sebelum tahun berjalan dimulai,” jelasnya.

Kapolresta  juga mengingatkan kepada penerima DIPA Tahun 2020 untuk memanfaatkan dan melaksanakan peningkatan kinerja dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan jangan sekali-kali melakukan penyelewengan anggaran yang diterima,” tutupnya. (**)