Hari ke 7 Pencarian, Tim SAR Tak Temukan ABK yang Tenggelam di Perairan Pulau Datok

oleh
Tim rescue Kantor SAR Pontianak saat mencari Hamidi (23), ABK yang tenggelam di perairan pulau Datok. Foto : Istimewa

MEMPAWAH – Pencarian di hari ketujuh seorang Anak Buah Kapal (ABK)  yang hilang tenggelam, karena kecelakaan Kapal Motor (KM) Sumber Rezeki yang ditumpanginya di perairan pulau Datok, Kabupaten Mempawah, Jumat (08/11/19) masih belum membuahkan hasil.

Walaupun telah berupaya semaksimal mungkin mencari dengan cara menyisir permukaan perairan disekitar tempat Hamidi (23) tenggelam, namun tim SAR gabungan masih belum menemukan keberadaan korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika, SH, M.Si mengatakan tim SAR gabungan telah berupaya mencari keberadaan korban, dengan upaya menyisir permukaan perairan pulau Datok.

“Namun tim SAR yang menyisir permukaan perairan pulau Datok tidak menemukan keberadaan korban,” ucapnya.

Ia menjelaskan,  tim rescue Kantor SAR Pontianak terdiri dari 5 orang personel.

“Selain Basarnas, unsur yang terlibat dalam pencarian ini, adalah TNI AL Mempawah 1 orang, Pol Air Mempawah dan TPI Pontianak masing-masing 1 orang, Polsek Mempawah 1 orang, DKP Mempawah 1 orang, Koramil Mempawah 1 orang, HNSI Kalbar 1 orang, dan seorang owner KM. Sumber Rezeki,” ucapnya.

Hery menambahkan, alut yang digunakan adalah 1 unit Rigith Inflatable Boat (RIB) 001 Ptk dan 4 unit kapal milik nelayan setempat.

Selanjutnya, Hery mengatakan, dikarenakan pencarian telah memasuki hari ketujuh, namun korban masih belum ditemukan, dengan sangat terpaksa, akhirnya tim SAR menutup operasi pencarian Hamidi (23) yang tenggelam di perairan pulau Datok, dan pencarian dapat dilakukan kembali, apabila ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

“Karena tidak menemukan korban di hari ketujuh ini, dengan sangat disayangkan operasi ini Kami tutup, dan potensi SAR yang ada dikembalikan kesatuannya masing-masing,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang ABK dilaporkan hilang tenggelam, akibat Kapal Motor (KM) Sumber Rezeki yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di perairan pulau Datok, Kabupaten Mempawah.  (**)