Ini Pemenang Lomba Karya Ilmiah yang Digelar Balitbang Kalbar

oleh
Pemenang Lomba Karya Ilmiah 2019 (LKI) yang digelar Balitbang Kalbar di Hotel Kini, Pontianak. Foto : ril

PONTIANAK – Rangkaian terakhir kegiatan Lomba Karya Ilmiah (LKI) 2019 diselenggarakan di Hotel Kini Pontianak, pada 24 hingga 26 September 2019 sudah berakhir, Kamis (26/09/19) di Hotel Kini Pontianak.

Adapun pemenang pemakalah yang berhasil memenangkan LKI 2019 ini adalah sebagai berikut.

1. Kategori  Pelajar

Nama pemenang, Charista Widyanti, Goutama dan Frendi, Utusan SMA Kristen Immanuel Pontianak, dengan tema, Pemanfaatan Biochar Bulu Ayam Sebagai Pembenah Tanah dengan nilai 3783,5.

Juara II, nama pemenang, Vania Valencia Michael Bryan, Utusan SMA Kristen Immanuel Pontianak, dengan tema, Pemanfaatan Beras Tadaya (Talas dan Lidah Buaya) dengan nilai 3713.

Juara III, nama pemenang Adellia, Fauzan Thoriq Mujahid dan Reihan. Utusan dari MAN 2 Pontianak, Tema Pemanfaatan Cangkang Kepah (Polymesoda erosa) dan Kulit Jeruk Nipis Sebagai Bahan baku Pembuatan Pasta gigi Anti Plak dengan nilai 3692,5.

Juara Harapan I, Nurhasanah,  Utusan SMK SMTI Pontianak, dengan tema Pemanfaatan Arang Aktif Cangkang Biji Karet Sebagai Media Desalinasi Dalam Rangka Meningkatkan Aktifitas Ekonomi Dan Investasi Di Kalimantan Barat, nilai 3657,5.

Juara Harapan II, Amaris Sih Kinanth iIyori Melis Anggel Sampoerna dan Dianto Utusan SMA Kristen Immanuel Pontianak, dengan tema Aloe Spray : Pemanfaatan Minyak Sereh (Citronella oil) Dan Lidah buaya (Aloe vera) Sebagai Produk UKM Daerah Kalbar dengan nilai 3518,5.

Juara Harapan III, Meizar Zacky Aulia Lanang Ragil dan Pamungkas. Utusan SMK SMTI Pontianak dengan tema Pemanfaatan Ampas Hasil Ekstraksi Minyak Biji Karet Sebagai alternatif Pakan Ikan Dalam Rangka Meningkatkan Aktifitas Ekonomi Dan Investasi Di Kalimantan Barat, nilai 3496.

2. Untuk pemenang kategori Mahasiswa

Nama Pemenang Dian Afrilla, Aniisa Layla Qodri dan Arief Farhan. Utusan Universitas Tanjungpura Pontianak. Gukies (Guajava Cookies) tema, Formulasi Coolies Tepung Jambu Biji Sebagai Alternatif Makanan Selingan Berindeks Glikemik Rendah Bagi Penderita Diabetes Melitus dengan nilai 3844,5.

Juara II, nama pemenang Machmud Fajri Saputro dan Nairana Putri nice Arvita, Utusan Poltekes Kemenkes Pontianak, dengan tema Rancang Bangun Aplikasi “I Cep” I-Care Pontianak Sebagai Sistem Pelayanan Kesehatan Online Berbasis Android dengan nilai 3735,5.

Juara III dengan nama Neverando Rafielo Angelo dan Heni Puspita Sari. Utusan Universitas Tanjungpura Pontianak, dengan tema Optimalisasi Formulasi Aroma Reed Diffuser Berbasis Limbah Kulit Jeruk dan Ampas Teh Untuk Mewujudkan Pengembangan Industri Terapan Minyak Atsiri Di Kalimantan Barat dengan nilai 3732,5.

Juara Harapan I, nama Aras Hidayat, Emilia dan Nur Ainun. Utusan Universitas Tanjungpura Pontianak Sejati (Sengkubang Jamur Tiram) tema Alternatif Bumbu Masak Non-MSG Sebagai Penunjang Perekonomian Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Barat dengan nilai 3729,5.

Juara Harapan II, nama Vikki Neverando dan Rafielo Angelo Utusan Universitas Tanjungpura Pontianak, dengan tema Analisis Penerimaan Organoleptik Yogurt Terfortifikasi Buah Lakum (Cayratia trifolia) Sebagai Makanan Fungsional Untuk Meningkatkan Ekonomi Di Kalimantan Barat dengan nilai 3725,5.

Juara Harapan III, nama pemenang Megi Biandri, Utusan Politeknik Negeri Pontianak, dengan tema Model Pemasaran Hawaki Berbasis Digital Marketing Wakuliner dan Video Explainer Di Kecamatan Kakap dengan nilai 3446.

3. Kategori Guru dengan nama

Surya Kusuma, S.Pd, Utusan SMA N 4 Pontianak, Aplikasi Pembangkit Listrik Mirkobia Tumbuhan (PLMT) Talas Dengan Media Tanah Gambut Skala Laboratorium Sebagai Sumber Kuat Arus Searah Alternatif dengan nilai 3776,5.

Juara II, nama pemenang Hielaria Aprila, S.Si, Utusan SMP N 2 Jagoi Babang, Kab. Bengkayang, tema Pengaruh Penambahan Getah Mentawa (Arthocarpus anisophyllus) dan Konsentrasinya Terhadap Kecepatan Proses Pembekuan Gula Aren (Arega pinnata Mer) nilai 3717,5.

Juara III nama pemenang, Elisius Busi, S.Pd. Utusan SMA N 1 Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara Kreatifitas Siswa Memanfaatkan Media E-Waste Recycle Melalui Penerapan Model PJBL Pada Kelas XI MIPA SMAN Teluk Batan, dengan tema Untuk Mewujudkan Generasi Berdaya Saing Berbasis IPTEK Terapan Di Kalimantan Barat dengan nilai 3690.

Juara Harapan I, nama pemenang Nursiah, S.Pd, Utusan SMP N. 2 Seluas, Kab. Bengkayang tema, Praktik Pembuatan Lemak Tengkawang Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Wirausaha Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Seluas dengan nilai 3613.

Juara Harapan II, nama pemenang M. Khamid, S.Pd, Utusan SMA N 3 Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, dengan tema Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu (Intergrated Farming System) Lahan Sawah Kombinasi Mina Padi Di Desa Sedahan Jaya, tema Sebagai Sebuah Upaya Transfer Teknologi Di Bidang Pertanian Dan Konservasi Alam Di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung dengan nilai 3506,5.

Juara Harapan III, nama pemenang Desy Rachmawati, S.Pd dan Adela Rizka Suwanda, S.Pd, Utusan SMA S Mujahidin Pontiana, dengan tema Pemanfaatan Limbah Plastik Polypropylene Terephthanlate (PET) dan Polypropylene (PP) Sebagai Alternatif Bahan Bakar Minyak dengan nilai 3284. (ril)