Kapolda Kalbar Sebut Pendidikan Lalu Lintas bagi Anak Dibutuhkan Sejak Dini

oleh

PONTIANAK – Kapolda Kalbar Irjen.Pol Didi Haryono membuka Seminar Desiminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Gardenia Resort Kamis, (26/09/19).

Dalam sambutanya Kapolda Kalbar mengatakan, pentingnya pendidikan lalu lintas bagi anak sejak dini sangat di butuhkan, karena angka kecelakaan lalu lintas begitu tinggi. Karena itu di harapkan kepada kalangan tenaga pendidik guru- guru agar memberikan edukasi kepada anak didiknya sejak sekarang.

Dihadapan ratusan guru tingkat SD Kapolda Kalbar Irjen Pol.Didi Haryono berpesan agar dengan kegiatan ini tidak hanya sebatas sampai disini, guru-guru dapat membantu menyampaikan kepada anak didiknya jika kelak dalam berkendara harus selalu menghargai antar sesama masyarakat yang berkendara.

Selain itu, program pendidikan lalu lintas melalui pengenalan rambu-rambu lalu lintas, marka jalan dan lain sebagainya bisa disampaikan disekolah.

“Ini sebagai upaya pembelajaran bagaimana pentingnya berlalu lintas di lakulan sejak sekolah dasar,” ujar Didi.

Salah seorang Guru Sekolah Dasar Negeri Suhardi saat ditemui mengatakan, menyambut baik adanya program pendidikan karakter bagi anak sejak dini dalam berlalu lintas, apalagi saat ini sudah masuk dalam kurikulum, dan sebagai guru wajib menjalankan program ini kepada anak didik di sekolah.

Diketahuinya saat ini begitu banyak melihat anak-anak sekolah Mulai dari tingkat SD sampai SMA yang menggunakan kendaraan di jalan raya sangat kurang berhati hati, mereka tidak tau mengenai resiko akibat kecelakan di jalan raya. Peran serta guru dan orang tua sangat di perlukan dalam memantau anak-anaknya dalam menggunakan kendaraan. (ril)