Aparatur Desa se-Kabupaten Sanggau Ikuti Bimtek Sistem Keuangan Desa

oleh
Suasana Rapat Bimbingan Teknis Perangkat Desa dalam Pengelola Keuangan berbasis aplikasi Siskuedes V .2.0 di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Rabu, (28/08/19). Foto : ril

PONTIANAK – Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) V.2.0 bagi segenap petugas entri Siskeudes se-Kabupaten Sanggau. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Rabu (28/08/19) dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot.

Kepala DPMD Kabupaten Sanggau Siron kepada awak media menyampaikan, dilaksanakannya Bimtek ini adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan petugas entri data Siskeudes di Kabupaten Sanggau dalam melaksanakan pelaporan dengan menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahan di Kabupaten Sanggau.

“Sehingga penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Sanggau dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta dapat diakses dengan mudah sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi informatika,” ujar Siron.

Ia mengharapkan, setelah bimtek para petugas yang mengikuti bimtek ini bisa lebih mengerti dan bisa mengoperasikan aplikasi entri Siskuedes di masing-masing desanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot dalam kesempatan yang sama menyampaikan, pemerintah daerah memberikan apresiasi dan dukungan atas program ini. Karena menurut Ontot, dalam proses pembangunan ke depan, peran pemerintah Sanggau sangat diperlukan sebagai upaya untuk percepatan, pemerataan, pemanfaatan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Sambung Ontot, oleh karena itu pemerintah daerah Kabupaten Sanggau telah melakukan Bimtek Aparatur Desa se Kabupaten Sanggau.

“Termasuk kegiatan Bimtek yang dilaksanakan hari ini, juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah Sanggau guna menjawab tuntutan tanggung jawab dan profesionalisme apratur pemerintah Sangggau dalam bekerja, khususnya dalam pengelolaan keuangan desa,” ujarnya.

Ontot berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan bimtek ini dengan serius, sehingga bermanfaat untuk pengelolaan dana desa yang lebih baik.  Acara berlangsung selama empat hari dari tanggal 27-30 Agustus 2019, dan menghadirkan peserta dari Kades, Sekdes dan Bendahara desa. (ril)