DKP Kalbar Susun Enam IKU guna Menunjang Lima Program Prioritas Pembangunan Kelautan dan Perikanan

oleh
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar, Ir. Herti Herawati, MMA saat memantau aktifitas di pelabuhan perikanan di desa Sungai Rengas. Foto : Dody

PONTIANAK – Program pembangunan kelautan dan perikanan akan diwujudkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalbar, melalui lima program yang menjadi skala prioritas pada tahun 2019 hingga 2023.

Adapun kelima program itu, adalah program pengembangan perikanan tangkap, pengembangan perikanan budidaya, pengelolaan pemasaran dan peningkatan mutu hasil perikanan, pengelolaan sumber daya kelautan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta program pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalbar, Ir. Herti Herawati, MMA menyebutkan, untuk menjalankan ke lima program yang menjadi skala prioritas selama lima tahun ke depan, DKP Kalbar telah menyusun enam Indikator Kerja Utama (IKU) dari tahun 2019 hingga 2023.

“Enam IKU yang telah disusun dan ditargetkan mengalami kenaikan dari tahun 2019 hingga 2023 adalah produksi perikanan tangkap, produksi perikanan budidaya, jumlah pendaratan ikan di UPT Pelabuhan-Pelabuhan Perikanan  yang menjadi kewenangan Provinsi,  produksi benih di UPT Perikanan Budidaya Sedau, konsumsi ikan perkapita masyarakat, dan layanan uji mutu hasil perikanan,” ucapnya saat ditemui, Jumat (19/07/19).

Dalam hal ini, Ia berharap agar, adanya perbaikan infrastruktur, maupun sarana dan prasarana  pelabuhan-pelabuhan perikanan yang menjadi kewenangan provinsi, sehingga akan menambah minat masyarakat nelayan, untuk mendaratkan ikan di pelabuhan perikanan.

“Di era gitalisasi atau era revolusi industri 4.0 diharapkan juga, adanya perbaikan sistem pelayanan berbasis online, karena saat ini sistem pelayanan berbasis online sudah mulai digunakan masyarakat nelayan di Kalbar,” ucapnya. (Dody)