Penemuan Ikan Betutu Raksasa Hebohkan Warga di Komplek Makam Kesultanan Pontianak

oleh

PONTIANAK – Warga di Komplek Makam Kesultanan Pontianak, Kalimantan Barat dihebohkan dengan penemuan ikan betutu raksasa dengan bobot mencapai hingga 6,1 Kilogram.

Ikan dengan nama latin Oxyeleotris Marmorata atau yang disebut warga setempat ikan bodoh-bodoh ini, didapat warga saat sedang menjala umpan udang di sungai Kapuas, tepatnya di depan makam Kesultanan Pontianak, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara.

Awalnya, Syarif Husen anggota kelompok nelayan maju terus yang akan memancing udang di pelabuhan Pontianak, tak menemukan umpan saat memasang jaring trol di sungai belakang rumah kediamannya.

Kemudian, Ia memasang jaring Trol di sungai depan makam Kesultanan Pontianak, tak jauh dari rumahnya. Namun disaat akan menarik jaring, Ia merasakan ada ikan besar dijaringnya, dan semula Ia menganggap ikan Tapah atau Belidak yang tersangkut dijaringnya. Ternyata, setelah ditarik, Ia menemukan dua ekor ikan Betutu raksasa yang terjaring, tapi sangat disayangkan seekor ikan tiba-tiba terlepas dari jaringnya.

Syarif Husen mengakui, sebelumnya, Ia juga pernah menemukan Ikan Betutu, namun ukurannya tidak sebesar dengan ikan Betutu yang baru saja ditemukannya.

Meskipun ikan Betutu ini baru didapatkannya, tetapi sudah ada pembeli yang berani menawar dengan harga 170 ribu rupiah perkilogram.

Ikan Betutu merupakan ikan langka/ yang harga perkilogramnya mencapai hingga ratusan ribu rupiah. Selain mahal, ikan Betutu memiliki beragam khasiat kesehatan dengan Kandungan Albumin yang tinggi.  Jika dikonsumsi, ikan Betutu dapat mempercepat penyembuhan luka bekas operasi, dan ikan ini juga dipercaya dapat menambah vitalitas dan kecantikan.

Saksikan berita selengkapnya dalam videa diatas. (Dody)