Pria Tiongkok Calon Pengantin Kawin Kontrak dengan Perempuan Indonesia Dibekuk Polisi

oleh

PONTIANAK – Tujuh orang Warga Negara Tiongkok dan tiga orang Warga Negara Indonesia (WNI), pelaku tindak pidana perdagangan orang dengan modus kawin kontrak dibekuk oleh petugas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat dan Imigrasi Kelas 1 Pontianak, Rabu (12/06/19) beberapa waktu lalu.

Dari sepuluh pelaku yang saat ini sudah diperiksa di Mapolda Kalbar, tiga diantaranya berhasil dibekuk petugas, saat berada disebuah rumah mewah, yang terletak di Komplek Surya Purnama, Jalan Purnama, Pontianak Selatan.

Sebelumnya, pada Rabu (12/06/19) malam, polisi dan petugas Imigrasi menggeledah rumah mewah, yang dijadikan tempat penampungan warga negara Tiongkok, yang hendak melakukan kawin kontrak dengan Warga Negara Indonesia (WNI), lantas petugas pun menginterogasi pemilik rumah dan dua warga negara Tiongkok beserta korban wanita asal Indonesia yang akan dinikahkan.

Berdasarkan pengakuan seorang korban, Ia diimingi-imingi dengan uang hingga Rp 20 Juta, jika bersedia menikah dengan pria asal Tiongkok.

Guna pengembangan penyelidikan lebih lanjut, petugas pun mengamankan pria pemilik rumah yang menjadi perantara kawin kontrak dan dua orang warga negara Tiongkok, beserta barang bukti, seperti kwitansi dan surat pernyataan persetujuan pernikahan.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, dalam waktu kurang dari 24 jam, petugas berhasil mengamankan total 10 pelaku, terdiri dari, tiga warga asal Pontianak yang berperan sebagai agen penghubung dan perantara kawin kontrak, beserta tujuh warga asal Tiongkok, salah seorangnya berperan sebagai wali nikah dan enam orangnya sebagai mempelai yang akan dinikahkan dengan wanita asal Indonesia.

Polisi pun akan terus melakukan pengembangan penyelidikan, guna mengungkap apakah ada pelaku lainnya, mengingat pelaksanaan pernikahan telah terlaksana. Namun belum ada pengantin yang diberangkatkan ke Tiongkok.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para pelaku akan dijerat dengan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Pernikahan.

Saksikan berita selengkapnya dalam video diatas sebagai berikut. (Dody)