Tim SAR Pos Ketapang Diberangkatkan untuk Evakuasi Awak Kapal yang Kandas di Muara Ketapang

oleh
Tim SAR Pos Ketapang saat bersiap-siap untuk berangkat menuju ke lokasi kandasnya KM. Kapuas Abadi 4. Foto : Istimewa

KETAPANG – KM. Kapuas Abadi 4 mengalami kebocoran dan kandas di muara Ketapang, Kamis (13/06/19) malam, sekitar pukul 18.35 Wib.

Peristiwa kandasnya, Kapal Motor yang mengangkut 8 orang awak kapal ini, dilaporkan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Kamis (13/0/19) malam, sekitar pukul 18.40 Wib.

Usai mendapatkan laporan kandasnya KM. Kapuas Abadi 4, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak segera memberangkatkan tim rescue pos SAR Ketapang, Kamis (13/06/19) malam, sekitar pukul 18.50 Wib, guna mengevakuasi para awak kapal.

“Kami telah memberangkatkan tim pos SAR Ketapang dengan menggunakan kapal Rigit Inflatable Boat (RIB) 03,” ucap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika, SH, M.Si saat dihubungi di Pontianak, Kamis (13/06/19) malam.

Menurutnya, tim SAR akan menempuh jarak sejauh 4 Nautical Mile (NM) untuk menuju ke lokasi kejadian tempat kandasnya KM. Kapuas Abadi 4.

“Tim SAR yang sedang diperjalanan dari pos SAR Ketapang diperkirakan akan tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 19.05 dengan waktu tempuh sekitar 15 menit,” ucapnya.

Hery menambahkan, saat tiba di lokasi nantinya, tim pos SAR Ketapang  yang telah dilengkapi dengan peralatan medis, evakuasi, navigasi dan komunikasi akan berkoordinasi dengan aparat dan warga setempat.

“Ketika di lokasi, tim SAR akan bersinergi dengan  Polisi Air  Polres Ketapang dan membentuk posko di muara Ketapang serta membuat renops,” ucapnya. (**)