Tim SAR Gabungan Evakuasi dengan Selamat Awak Kapal yang Kandas di Muara Ketapang

oleh
Tim SAR Pos Ketapang saat berangkat menuju ke lokasi kandasnya KM. Kapuas Abadi 4 di Muara Ketapang. Foto : Istimewa

KETAPANG – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 8 orang awak KM. Kapuas Abadi 4 yang kandas di muara Ketapang dalam keadaan selamat, Kamis (13/06/19) malam.

Usai mengevakuasi seluruh awak kapal yang kandas, kemudian tim SAR gabungan melakukan pemeriksaan medis para awak kapal tersebut.

Adapun awak kapal yang dievakuasi, yakni 7 Laki-Laki, terdiri dari Rian (28), Stepanus (34), Alan (21), Arif (27), Eris. S (34), Fery (34) dan Rina Lay Akbar (19). Sedangkan seorang wanita, Brigita (27).

“Alhamdulillah, tim gabungan berhasil mengevakuasi seluruh awak KM. Kapuas Abadi 4,” ucap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika, SH, M.Si saat dihubungi di Pontianak, Kamis (13/06/19) malam.

Menurutnya, tim SAR gabungan yang telah dilengkapi dengan peralatan-peralatan medis, evakuasi, komunikasi dan navigasi berhasil mengevakuasi keseluruhan awak kapal dalam keadaan selamat.

“Para awak kapal ini, kemudian diserahkan kepada agen perjalanan yang memberangkatkan mereka, dan setelah itu, agen yang memberangkatkan mereka pun memberitahukan kepada keluarganya masing-masing,” ucapnya.

Hery menambahkan, setelah seluruh awak kapal yang kandas berhasil dievakuasi, operasi ini dinyatakan ditutup. (**)