Pererat Silaturahmi, Keluarga Besar DKP Kalbar Gelar Buka Puasa Bersama

oleh
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar, Ir. Herti Herawati, MMA (kiri) bersama keluarga besar DKP Kalbar saat berbuka puasa bersama. Foto : Dody

PONTIANAK – Keluarga besar pegawai dan pensiunan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat menggelar acara buka puasa bersama, di aula Kantor DKP Kalbar , Jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Senin (20/05/19) beberapa waktu lalu.

Kegiatan buka puasa bersama ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara keluarga besar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalbar, khususnya disaat bulan suci Ramadan.

Selain diikuti oleh pegawai dan pensiunan DKP Kalbar serta persatuan dharma wanita, acara  buka puasa bersama ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar, Ir. Herti Herawati, MMA.

Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu dibuka dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Hermanto.

Dalam tausiahnya, Ustadz Hermanto mengajak jamaah agar selalu melaksanakan ibadah puasa di  bulan suci Ramadan, karena Ramadan adalah  bulan yang begitu penting dan dimuliakan bagi umat Islam.

“Banyak peristiwa-peristiwa penting terjadi di bulan Ramadan yang mempengaruhi Islam hingga sampai saat ini, contohnya saja, bulan Ramadan merupakan bulan diturunkannya wahyu pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW, berupa Al-Qur’an surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5,” ucapnya.

Ia menjelaskan, makna bulan Ramadan juga tidak lepas dari keistimewaan ibadah puasa yang dilakukan umat Islam, karena disaat bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa.

“Puasa adalah menahan diri dari nafsu, makan, minum, dan segala sesuatu yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari,” ucapnya.

Hermanto mengingatkan, agar seluruh jamaah yang hadir untuk terus memperkuat tali silaturahmi disaat bulan Ramadan.

Keluarga besar Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar saat berbuka puasa bersama. Foto : Istimewa

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar, Ir. Herti Herawati, MMA menyebutkan, bahwa kegiatan buka puasa bersama ini adalah tradisi yang merupakan agenda rutin tahunan keluarga besar DKP Kalbar pada saat bulan Ramadan.

“Tujuan dari buka puasa bersama ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara ikatan keluarga besar DKP, sehingga dengan digelarnya bukber ini dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi antara sesama pegawai maupun pensiunan DKP Kalbar,” ucapnya.

Dengan demikian, Herti menambahkan kegiatan buka puasa bersama ini sangatlah bermanfaat dan diharapkan ke depannya kegiatan ini akan terus eksis dilakukan oleh keluarga besar DKP Kalbar.

“Alangkah lebih baiknya apabila buka puasa bersama di bulan suci Ramadan ini juga ditingkatkan kualitasnya dan bisa dinikmati jamaah dalam skala yang lebih luas, jadi tidak hanya antar ikatan keluarga besar DKP Kalbar saja, namun ke depannya buka puasa bersama juga bisa dilakukan antara ikatan keluarga besar DKP Kalbar dengan masyarakat lainnya maupun anak yatim piatu,” ucapnya.

Ia juga berharap, agar dalam menjalankan ibadah puasa, pegawai DKP Kalbar tetap bersemangat untuk bekerja guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Insya Allah, semoga ditahun ini, ibadah puasa yang kita jalankan dapat menjadi lebih sempurna dari tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya. (Dody)