Tinjau PSU di TPS 04 Sanggau, Kapolda Optimis Pemilu Lancar

oleh

SANGGAU – Tiga TPS di Kabupaten Sanggau pada Kamis (25/04/19) menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU). Ketiga TPS tersebut ada TPS 04 Desa Maju Karya Kecamatan Parindu, TPS 08 Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan dan TPS 06 Desa Penyelimau Kecamatan Kapuas.

Guna memastikan PSU berjalan lancar, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono didampingi Karo Ops Polda Kalbar dan Dir Intelkam Polda kalbar mengunjungi TPS memantau langsung situasi PSU. Hadir juga mendampingi Kapolda yakni Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan, dan Bawaslu Provinsi Kalbar.

TPS yang dikunjungi orang nonor satu di Korps Kepolisian Polda Kalbar itu adalah TPS 04 di Dusun Sebotuh Desa Maju Karya, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau.

Seperti diketahui, Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dilaksanakan lantaran adanya kesalahan dalam prosesi pemungutan suara pada 17 April lalu dan protes masyarakat yang meminta agar Pemilu ulang kembali dilaksanakan.

Kapolda Didi Haryono mengimbau kepada masyarakat agar dapat sebenar-benarnya menggunakan hak pilihnya, dan bersama menjaga situasi yang aman dan kondusif terhadap jalannya kegiatan tersebut.

“Saya percaya pelaksanaan pemilu di Kabupaten Sanggau tentunya aman, namun kita tidak boleh under estimate, kita berlakukan sesuai standar keamanan dalam pelaksanaan pemilu ini, ”kata Kapolda melalui rilisnya, Kamis (25/04/19) sore.

Usai mengunjungi TPS 04 yang melaksanakan PSU di Desa Maju Karya, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau. Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono meninjau Gudang logistik Pemilu dan Pelayanan Polres Sanggau.

Dalam sidaknya ke Gudang logistik Pemilu 2019 di Jalan Jenderal Sudirman, diikuti PJU Polda Kalbar dan sejumlah PJU Polres Sanggau dengan didampingi langsung Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar.

Tampak seringkali Kapolda Kalbar mengacungkan jempol terlihat puas dengan kesigapan Polres Sanggau dalam menerapkan perintahnya sebagai antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan yang berdampak gagalnya dalam pelaksanaan Pemilu di Kalbar.

“Ini yang saya mau, jadi sesuai apa yang saya arahkan, ”puji Kapolda.

Sejumlah fasilitas Polri yang terdapat digudang Logistik seperti tenda pleton, serta unit pemadam kebakaran Kabupaten Sanggau dan juga Water Canon tak luput dari pengecekan.

Kapolda meminta untuk disemprotkan dan melihat apakah airnya siap jika terjadinya ancaman kebakaran pada gudang Logistik. Setelah itu, Kapolda kembali meninjau sejumlah fasilitas pelayanan yang ada di Mapolres Sanggau.

Usai mengunjungi kecamatan parindu Kapolda Kalbar dan meninjau gudang logistik KPU, Kapolda diperkirakan akan langsung bertolak ke Kabupaten Bengkayang untuk meninjau Kegiatan PSU yang juga dilaksanakan dibeberapa TPS di Kabupaten tersebut. (indra)