Bawaslu Sanggau Tangani Tiga Laporan dan Dua Temuan Pelanggaran Pemilu 2019

oleh

SANGGAU – Bawaslu Kabupaten Sanggau menangani sejumlah perkara pelanggaran Pemilu 2019 yang terjadi di Kabupaten Sanggau. Perkara tersebut yakni tiga perkara bersifat laporan dan dua perkara hasil temuan.

“Kalau untuk laporan itu ada tiga perkara, yakni money politic di masa tenang terjadi di Kecamatan Tayan Hilir. Terlapor terancam pidana. Ada juga pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) mencoblos di TPS dan itu terjadi di Kecamatan Parindu, ancamannya bisa pidana dan administrasi, dan laporan terakhir di Entikong dimana terjadi money politic pemberian barang di masa kampanye,” ungkap Dvisi pelanggaran dan penindakan Bawaslu Sanggau Inosensius kepada wartawan, Rabu (24/04/19).

Sementara untuk temuan, lanjut Ino sapaan akrabnya, ada dua perkara yakni pemilih TMS mencoblos di TPS di Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan dan terjadi juga di Desa Penyelimau Kecamatan Kapuas, pelanggaran ini sifatnya adminitrasi.

“Jadi, terlapornya ada Caleg dan juga ada warga,” bebernya.

Disinggung sejauhmana penanganan perkara laporan dan temuan tersebut hingga saat ini, Ino menegaskan masih di tangani Bawaslu beserta Sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu).

“Untuk pelanggaran administrasi sudah selesai, kalau pidana sudah masuk tahap penyelidikan dan klarifikasi. Laporan Entikong contohnya baru masuk laporannya tanggal 23 kemarin, jadi masih tahap kajian awal. Kita punya waktu 14 hari untuk menyelesaikannya, kira – kira 10 Mei kita sampaikan hasilnya,” tutur dia. (indra)