Dinas PUPR Kapuas Kembangkan TPA Berkonsep Edukasi

oleh

KUALA KAPUAS – Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) yang terletak di Desa Teluk Palinget, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah memiliki konsep edukasi.

Menurut Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Ahmad Isnaeni, selain sebagai tempat pengolahan akhir sampah, saat ini TPA Palinget juga menjadi taman bermain dan belajar karena pada Sabtu Minggu banyak anak-anak Paud serta TK yang datang.

“Karena TPA kita memiliki konsep edukasi dengan adanya taman bermain sehingga banyak anak-anak terutama anak Paud dan TK yang kita ajak datang kesini untuk belajar memahami tentang pengolahan dan pemanfaatan sampah sejak usia dini,” katanya di Kuala Kapuas, Kamis (13/12/18).

Bahkan, lanjut Isnaeni, pada tahun 2018 ini, Dinas PUPRPKP Kapuas juga sudah mengadakan lomba mengambar dan mewarnai yang lokasinya di pusatkan di TPA Pelinget.

Sementara Kasi Kebersihan, Ahmad Suriansyah, menerangkan bahwa secara resmi TPA memang belum dibuka untuk umum tapi pengunjung dapat diijinkan masuk jika ingin mengunjungi TPA, karena selain sebagai tempat pembuangan akhir TPA tersebut juga memiliki Taman Warna Warni, Cafe dan gazebo untuk bersantai serta audio music.

“Selain itu TPA juga sebagai tempat pengelolaan gas metan, cacah pelastik atau daur ulang, pembuatan pupuk kompos dan pupuk cair,” terang Ahmad Suriansyah.

Bahkan, tambah dia, gambar dan tulisan-tulisan yang ada di TPA tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung seperti tulisan motto bekerja keras, bergerak cepat, bertindak tepat, pantang menyerah dan bertanggung jawab. (irs)