Agati Sulie Sosialisasikan Program Bedah Rumah kepada Warga Desa Jabiren

oleh

PULANG PISAU – Anggota Komisi V DPR RI asal Kalimantan Tengah, Agati Sulie Mahyudin, belum lama ini turun langsung mensosialisasikan pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada warga Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau.

Menurut Agati, Kabupaten Pulang Pisau pada tahun 2019  mendapatan bantuan bedah rumah dari program BSPS sebanyak 315 unit yang tesebar di 8 desa dua kecamatan yakni Kecamatan Kahayan Hilir dan Kecamatan Jabiren Raya.

“Khusus di Desa Jabiren mendapatan sebanyak 43 unit rumah,” katanya.

Program BSPS sendiri merupakan program dari Kementerian PUPR melalui Direktorat Perumahan Swadaya yang bertujuan agar terbangunnya rumah layak huni oleh masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR).

“Melalui program BSPS ini masing-masing kepala keluarga penerima manfaat akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 17,5 juta untuk biaya perbaikan rumahnya. Dana sebesar itu termasuk biaya untuk upah tukang/pekerjanya,” terang Agati

Dalam sosialisasi pelaksanaan program BSPS tahap I tahun 2019 yang berlangsung di Balai Desa Jabiren tersebut, warga pun tampak antusias menyimak. Kegiatan sosialisasi itu juga dihadiri Kepala Desa Jabiren, Asio H Unil, dan juga perwakilan dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pulang Pisau.

Agati menambahkan, sebagai wakil rakyat dirinya akan berjuang kembali untuk mendapatkan program BSPS, karena masih banyak warga berpenghasilan rendah di Pulang Pisau yang belum mendapatkan program bedah rumah tersebut.

“Insya Allah saya akan berjuang lagi untuk mendapatkan program ini di pusat,” ucap legislator asal Partai Golkar ini seraya berharap masyarakat calon penerima manfaat segera melengkapi persyaratan untuk program BSPS tersebut.

Sementara itu, Kasi Perumahan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pulang Pisau, Helina Yulianti mengatakan, program BSPS tersebut saat ini dalam tahap usulan calon penerima manfaat yang mana nantinya akan dilanjutkan dengan tahapan kelengkapan persyaratan dan verifikasi.

“Jadi, sekarang ini mereka usulan nama dulu by name by addrerss. Untuk verifikasinya kita harapkan selesai bulan ini,” katanya. (irs)