Dongkrak Perolehan Zakat, BAZNAS Sanggau Gencar Bentuk UPZ

oleh

SANGGAU – Bertempat di masjid Ar Rahman Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sangggau pada Jumat (16/11/18) siang melakukan sosialisasi zakat pada sejumlah pengurus masjid di Kecamatan Tayan Hulu.

Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan BAZNAS Sanggau di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau dalam upaya mensosialisasikan program dan pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) untuk mendongkrak perolehan zakat di Kabupaten Sanggau.

Kepada wartawan usai memberikan sosoalisasi sekaligus pembentukan UPZ, Komisioner BAZNAS bidang pengumpulan dan pendistribusian, Indra menjelaskan perolehan zakat di Kabupaten Sanggau walau belum signifikan tetapi mengalami peningkatan sebesar 20 persen dibanding periode sebelumnya. Hal ini menurut Indra tentu saja tak lepas dari peran aktif petugas -petugas di tiap UPZ untuk menggugah wajib zakat/muzaki guna membayar zakat.

“Muzaki lembaga dan individu juga mengalami peningkatan,” kata Indra.

Selain itu, dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sanggau secara moril atau materil juga berkontribusi dalam peningkatan perolehan zakat.

Untuk itu Indra berharap dukungan pemerintah daerah terus meningkat pada BAZNAS Kabupaten Sanggau karena dampak dari pendistribusian dana zakat ini sangat dirasakan langsung oleh masyarakat yakni para mustahik/mereka yang berhak.

Indra menambahkan, beberapa program yang berdampak sosial langsung pada masyarakat antara lain, santuanan bulanan dhuafa, pembayaran iuran BPJS bagi dhuafa, beasiswa bagi siswa miskin, bedah rumah, santunan pada lembaga/panti dan sejumlah lembaga sosial keagamaan, bantuan sosial korban bencana alam hingga bantuan modal untuk usaha kecil para mustahik.

“Kami berharap dengan semakin besarnya penerimaan zakat semakin besar pula kontribusi BAZNAS dalam mengatasi masalah sosial dan ekonomi yang ada di Kabupaten Sanggau,” tutur Indra. (indra)