Kantor SAR Pontianak Gelar Pelatihan Pencarian dan Pertolongan di Kalbar

oleh

PONTIANAK – Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak melaksanakan Pelatihan dan Uji kompetensi bagi potensi pencarian dan pertolongan di Kalimantan Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan 12 sampai dengan 13 November 2018 ini diikuti sebanyak 55 (lima puluh lima)  peserta dari himpunan nelayan Indonesia wilayah Kalimantan Barat dan anggota Kwarcab Tanjungpura Scout rescue.

Bertempat di Aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Kasi Sertifikasi Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Saidar Rahmanjaya, S. H., M. AP  dalam sambutannya mengatakan mengapreasiasi pelatihan dan uji kompetensi yang dilakukan.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan Pelatihan Potensi dan Uji kompetensi yang dilakukan kali ini sebab pelatihan dan Uji Kompetensi yang dilakukan secara bersamaan saat ini baru pertama dilakukan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS),” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan pelatihan dan uji kompetensi seperti ini dapat lebih sering dilakukan untuk mempersiapkan potensi-potensi SAR dalam misi kemanusiaan.

Dalam pelatihan kali ini peserta akan dibekali 1.Pedoman keselamatan di air, 2.pengantar pertolongan di air, 3.Self rescue, 4.cidera alat gerak, 5.Resusitasi jantung paru, 6.teknik pertolongan di air, 7.Personal floating. (**)