Kunjungi Sanggau, Ini yang Dibahas Sutarmidji dan Paulos Hadi

oleh

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyambut baik kunjungan kerja Gubernur Kalbar H. Sutarmidji ke Kabupaten Sanggau, Senin (05/11/18).

Dalam kunjungan itu, banyak hal yang disampaikan Bupati kepada Gubernur terkait pembangunan di Kabupaten Sanggau.

“Saya senang beliau datang dan bisa melihat langsung apa yang menjadi kebutuhan kita,” kata Bupati, Senin (05/11/18).

Beberapa hal yang disampaikan Bupati diantaranya pembangunan di daerah wisata terutama di daerah sungai karena juga kewenangan Gubernur yaitu water front yang akan diteruskan pembangunannya dari Keraton sampai ke hilir yang rencananya akan dimulai tahun 2019. Selain di arah Keraton, pembangunan objek wisata juga akan dilakukan di kompleks wisata Sentana Kelurahan Sekayam Kecamatan Kapuas.

“Jalur Sekayam ini juga kewenangan pak Gubernur,” kata PH, sapaan akrab Bupati.

Selanjutnya, dibicarakan juga soal jalan yang menjadi kewenangan Provinsi.

“Kita ada tiga jalur. Yang pertama dari Kembayan menuju Balai Sebut. Kemudian dari Balai Sebut menuju batas Sekadau dan terakhir dari Bodok ke Meliau,” bebernya.

Terkait kewenangan tersebut, Bupati mengaku telah menyampaikan data kepada Gubernur mana jalan yang menjadi kewenangan Provinsi dana mana yang menjadi kewenangan Kabupaten.

“Karena jalan – jalan ini baru berapa persen sudah diurus sebelumnya, tapi kita minta dituntaskan termasuk jalur Balai Sebut ke batas Sekadau itukan belum ada jaringan listrik. Jadi kita minta beliau mendorong PLN sehingga listrik bisa nyambung ke Sekadau,” ujar PH.

Terkait desa mandiri, lanjut PH, Gubernur berkeinginan ada 400 Desa mandiri bisa terwujud selama pemerintahannya.

“Saya sudah laporkan kalau Sanggau sudah lama membina Desa fokus. Dengan sinergisitas dan keinginan pak Gubernur ini semakin lengkap nanti, apalagi Pak Kapolres sedang menata Desa Kamtibmas, Pak Dadim juga diminta Pak Pangdam untuk mendorong itu. Jadi mungkin di Sanggau nanti minimal ada satu Desa perkecamatan yang isinya Desa Kamtibmas, Desa mandiri dan difokuskan. Dan menurut pak Gubernur mudah – mudahan ada dorongan anggaran dari pusat termasuk Provinsi,” pungkasnya.

Bupati juga menyinggung bagaimana sekolah – sekolah ke depan. Gubernur, kata PH, akan membuat suatu konsep supaya anak – anak mendapat suport dari APBD.

“Setiap anak nanti ada bantuan anggarannya, cuma ini belum final, nanti pak Gubernur akan memgundang kita rapat kerja soal itu,” tutur PH. (indra)