Dana 1,4 Trilyun Pembangunan Pelabuhan Kijing jadi Sorotan Komisi II DPR

oleh

PONTIANAK – Anggota Komisi II DPR RI, Ir. Firmansyah Mardanoes. MM, pada saat melakukan kunjungan kerja di Kalbar, Kamis (01/10/18), disela-sela kesibukanya saat ditemui di rumah aspirasi Firmansyah Centre, Jalan Karimata Pontianak.

Dirinya mengatakan, untuk proyek pembangunan pelabuhan internasional Pantai Kijing, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalbar terdapat dugaan kerugian negara hampir mencapai Rp 1,4 Trilyun.

Persoalan tersebut mencul karena masih adanya kendala terkait ganti rugi pembebasan lahan yang sampai saat ini belum diselesaikan dan belum mendapat titik temu oleh pihak terhadap masyarakat yang lokasi tanahnya diijadikan pelabuhan internasional.

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  Dapil Kalbar ini menjelaskan kewajiban ganti rugi lahan masyarakat harusnya diselesaikan terlebih dahulu, apalagi dana sudah tersedia.

“Jangan masyarakat dipermainkan dengan proyek pelabuhan ini,” ujarnya.

Pada intinya setelah kunjungan kerja ini, komisi II DPR RI akan membahas jadwal sidang paripurna terkait dugaan adanya kerugian negara Rp 1,4 Trilyun terhadap pembangunan pelabuhan internasional yang sudah berjalan sejak tahun 2016 sampai sekarang ini. (ril)