Pemkab Sekadau Apresiasi Kinerja Argo Andalan

oleh

SEKADAU – Pemerintah Kabupaten Sekadau mengapresiasi kinerja PT. Agro Andalan terhadap upaya perbaikan jalan Kayu Lapis dan pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

“Pemkab Sekadau mengapresiasi kinerja PT. Agro Andalan  terhadap perbaikan jalan Kayu Lapis di kilometer 8 sampai 20 di wilayah kecamatan Sekadau Hulu. Selain itu Pemkab Sekadau juga memberikan apresiasi atas Pembangunan PKS di desa Setawar,” kata Sandae, Kepala Dinas  Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau saat meninjau Jalan Kayu Lapis dan PKS, Senin (22/10/18).

Atas capaian kinerja tersebut, lanjut Sandae, pihaknya memberikan apresiasi kepada Agro Andalan atas peran dan kepeduliannya dalam perbaikan dan pelebaran jalan kayu lapis ini, sehingga akses transportasi yang penting ini bisa digunakan masyarakat sekitar.

Dijelaskan dia, sesungguhnya, jalan eks PT. Kayu Lapis Indonesia yang berada di Kecamatan Sekadau Hulu adalah jalan non status yang sering dilalui masyarakat. Jalan tersebut awalnya merupakan milik perusahaan kayu lapis yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi.

“PT Agro Andalan, melalui dana tanggung jawab sosial, membantu memperbaiki jalan tersebut sehingga saat ini jalan tersebut dapat digunakan oleh masyarakat sekitar,” kata Sandea.

Sehinga sambung Sandae, keberadaan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sekadau memiliki peran yang cukup strategis dalam membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, melalui program-program pengembangan ekonomi dan tanggung jawab sosial lainya.

Dalam kunjungannya ke PKS milik Agro Andalan, Sandae juga melihat dari dekat perkembangan pembangunan PKS, yang mana, saat ini secara fisik pembangunannya sudah mencapai sekitar 40 persen.

PKS yang dibangun tersebut sambung Sandae, memiliki kapasitas produksi pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) 30 ton per jam, yang mana suatu saat dapat ditingkatkan sampai 60 ton per jam.

“Di perkirakan PKS milik PT. Agro Andalan di desa Setawar tersebut sudah bisa beroperasi tahun 2019,” kata Sandae.

Sementara itu, Ketua Adat Desa Setawar, Bengki, kepada awak media mengatakan, bahwa masyarakat sangat mendukung pendirian PKS tersebut. Sebab, menurut dia, keberadaan PKS akan memberikan dampak positif terhadap penciptaan lapangan kerja, selain itu, PKS itu nanti membantu petani kelapa sawit di desa tersebut yang hendak menjual hasil produksinya.

“Kami berharap pabrik kelapa sawit yang dibangun ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar area perkebunan, khususnya para petani kelapa sawit, sesuai dengan janji perusahaan untuk bekerja sama dengan para petani lokal di sekitar area perkebunan,” kata Bengki.

Menurut Bengki, Agro Andalan sudah membuktikan hal tersebut untuk mempekerjakan tenaga kerja lokal di PKS tersebut, yang ditunjukkan dengan pemberian beasiswa kepada beberapa siswa SMK putra daerah Sekadau, untuk menuntut ilmu di Instiper Yogyakarta, yang mana nantinya akan mereka dipekerjakan di  PKS milik perusahaan. (sutarjo)