PT SWI Ekspos Produk Hemat Listrik

oleh

SEKADAU – Anak cabang PT. Sinar Wijaya Indonesia (SWI) mengekspos produk penghematan energi listrik kepada pemerintah kabupaten Sekadau. Salah satu sasaran dari kegiatan ekspos tersebut adalah penghematan anggaran terhadap biaya penerangan jalan umum.

Acara ekspos tersebut dibuka oleh wakil bupati Sekadau Aloysius, di aula kantor bupati lantai II, Kamis (18/10/18).

Dalam arahannya pada acara pembukaan, wakil bupati Sekadau mempersilahkan kepada PT. SWI untuk melakukan ekpos kepada beberapa kepala OPD yang hadir.

“Yang jelas pemkab Sekadau menyambut baik adanya ekpos dari perusahaan tersebut. Untuk MoU nanti, kita menunggu kajian yang mendalam dari instansi terkait kepada bupati. Maka, ekpos ini saya nilai sangat positif,” ucap wabup.

Sementara Taupik, Perwakilan dari PT. SWI dalam paparan mengatakan, bahwa salah satu tujuan dari perusahaan ini adalah untuk melakukan Revitalisasi penerangan jalan umum. Dimana jika terjadi kerjasama antara pemkab Sekadau dengan PT. SWI, maka kerjasama itu akan berlaku adil, terbuka dan saling menguntungkan.

Kerjasama berbasis kinerja, yang dimaksud adalah pemda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar perusahaan.

“Misalnya, kalau setiap bulan pemda membayar Rp100. Andaikan ada penghematan 20 persen. Nah, dari 20 persen itulah yang dibayarkan ke kami sebagai investor,” kata Taupik.

Selain itu, kata Taupik lagi, pihaknya tidak hanya menawarkan jasa, namun pihak perusahaan juga bertangung jawab jika ada kerusakan atau lampu terbakar. Sehingga Pemda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pengadaan lampu, mengingat pihak perusahaan akan siap 24 jam untuk menggantikan lampu tersebut.

“Dua kali penghematan anggaran, pemda tidak perlu lagi menggantikan lampu PJU, dan kerjasama ini tidak ada indikasi merugikan keuangan negara apabila pemda mau bekerjsama dengan ESCO,” papar Taupik. (sutarjo)