Warga Setawar Terbantu Adanya PKS

oleh

SEKADAU – PT. Mustika Anugrah Sejahtera (MAS) sebagai kontraktor pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT. Agro Andalan (AA) di Dusun Setawar, Desa Setawar, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, yang pernah diisukan mengunakan matrial galian C Ilegal, saat ini sudah mengantongi izin dari penyuplai.

“Mereka mengunakan material dari distributor CV. Pabio Pasir dengan pemilik usaha atas nama Yulius Pongo dengan nonor SIUP :14-12/510/211/PK/KPPT-SIUP/2013. Jadi, saat ini mereka sudah mengunakan matrial Legal,” kata Sante salah seorang warga Setawar kepada awak media (11/10/18) di Setawar.

Sebagai warga yang berada di wiayah PT. Agro Andalan, Dirinya mendorong agar PT. MAS tidak mengunakan material galian C dari penyuplai yang tidak mengantongi izin.

Hal ini dikarenakan, keberadaan PT. MAS di desa Setawar sangat membantu warga, baik dari segi penyerapan tenaga kerja, maupuna dari segi lainnya.

“Artinya, warga yang tidak kerja, sekarang sudah bekerja. Jadi, saya nilai keberadaan PT. MAS dan PKS itu nanti sangat membantu dari segi penyerapan tenaga kerja di Setawar dan desa lain yang berada di wilayah PT. Agro Andalan,” kata Sante.

Sante berharap pembangunan PKS PT. AA tepat waktu. Mudah-mudahan tahun depan PKS itu sudah bisa selesai. Kalau sudah selesai maka ada angin segar bagi warga dan petani mandiri yang berada di wilayah PT. Agro.

“Kalau PKS sudah beroperasi, maka ada angin segar bagi petani mandiri di wilayah PT. Agro. Setidaknya petani akan lebih giat lagi menanam sawit. Sebab, keberadaan PKS menjadi motivasi warga,” tutup Sante. (sutarjo)