Tempat dan Jumlah APK Diatur KPU

oleh

SEKADAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau kembali mengingatkan kepada sejumlah partai poitik terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Undangan sudah kita sampaikan kepada parpol, namun dari 16 Parpol peserta pemilu tahun 2019, hanya beberapa saja yang hadir pada acara sosialisasi pelaksanaan kampanye,” kata Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban, Selasa (09/10/18) di kantornya.

Lebih lanjut Saban mengungkapkan, untuk iklan di media masa, para Caleg hanya bisa menayangannya mulai tanggal 24 Maret 2019.

Begitu juga dengan rapat umum, dimana durasinya juga diatur, yakni mulai pukul 6.00 wib sampai pukul 19.00 wib.

“Tidak boleh melewati dari jam yang sudah ditetapkan,” tegasnya.

Sedangkan untuk APK seperti Baliho, setiap partai hanya boleh memasang 5 buah untuk satu desa, sedangkan untuk spanduk hanya 10 buah.

“Untuk design baliho maupun spanduk harus dikordinasikan dengan KPU. Jika hilang atau rusak, spanduk maupun baliho menjadi tanggungjawab partai,” kata Saban.

Sedangkan, untuk pemasangan umbul-unbul, jumlah tidak diatur. Hanya saja, tempat pemasangan yang diatur, begitu juga dengan bendera partai.

“Untuk ukuran, jenis spanduk memiliki ukuran 1,5 meter x 7 meter. Sedangkan untuk rapat umum atau pertemuan umum, jumlah orang yang boleh mengikuti untuk tingkat kabupaten hanya dibolehkan sebanyak 1.000 orang. Sedangkan untuk provinsi sebanyak 2.000 orang,” kata Saban.

Bagi para Caleg, yang akan menyerahkan APK, boleh diserahkan dimana saja. Seperti bendera, hanya saja untuk pemasangan tidak boleh dibatas pohon.

Sebagai sarana kampanye, Caleg atau Parpol boleh dengan berbagai kegiatan lain misalnya momen budaya, olahraga dan lainnya.

“Untuk perlombaan hanya boleh dilakukan sebanyak tiga kali, selebihnya tidak boleh. Terkait pemberian hadiah dari Caleg, tidak boleh melebihi dari satu juta rupiah,” kata Saban. (sutarjo)