Turunkan Kecelakaan Dengan Mengubah Perilaku Berlalu Lintas

oleh
Kombes Pol Nanang Masbudi, Dirlantas Polda Kalbar. Foto : Arief

PONTIANAK – Dengan dibangunnya infrastruktur sampai ke daerah perbatasan Kalbar, akan berpengaruh pada perilaku masyarakat dalam mengendarai kendaraan bermotor. Demikian kata Dirlantas Polda Kalbar Kombes Polisi Nanang Masbudi saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (28/09/18).

“Kalo dulu orang mengendarai kendaraan lebih berhati-hati karena kondisi jalan banyak kerusakan, namun saat ini dengan kondisi jalan raya yang mulus dan nyaman dilalui, pengguna jalan cenderung mengabaikan keselamatan dirinya dan orang lain. Dengan kondisi jalan mulus, pengendara lebih senang memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Tidak heran tingkat kecelakaan lebih tinggi di jalan yang baru dibangun,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kurangnya lampu penerangan dijalan yang baru tersebut, ditambah lagi kurangnya etika berlalu lintas, sehingga banyak ditemukan korban kecelakaan dijalan yang terindikasi mengkonsumsi minuman keras.

Dirinya mengingatkan kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati dan merubah perilaku dalam berkendara di jalan infrastruktur yang baru dibangun. Karena tujuan pemerintah membangun jalan, untuk mempermudah mobilitas masyarakat Kalbar, sehingga dapat memperlancar kegiatan usaha dan rutinitas.

“Seharusnya pada setiap jalan yang baru dibangun, dapat dilengkapi rambu-rambu, lampu penerangan dan marka jalan, agar masyarakat dapat lebih waspada berkendara, terutama disepanjang jalan infrastruktur baru,” tutupnya. (Arief)