Proyek Fisik di Kabupaten Sekadau Sudah 70 Persen

oleh

SEKADAU – Memasuki akhir tahun anggaran, sejumlah proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), khususnya bidang Cipta Karya (CK) yang pembiayaannya bersumber dari APBD Kabupaten Sekadau bisa selesai tepat waktu.

“Kita akan desak pihak ketiga bisa bekerja tepat waktu sesuai kontrak. Tujuanya, agar tidak ada lagi pekerjaan yang tertunda di akhir tahun. Apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan,” kata Ponsianus Kameistu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, Selasa (18/09/18) di kantornya.

Di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang khususnya Bidang Cipta Karya, sejauh ini progres pekerjaan fisik sudah diatas 50 persen.

“Realisasi pekerjaan di bidang Cipta Karya (CK) sudah mencapai kisaran 60 sampai 70 persen, khususnya untuk jenis pekerjaan jalan dan jembatan,” ujarnya.

Kendati demikian kata dia, memang masih ada beberapa kegiatan yang belum dimulai sama sekali.

“Memang masih ada yang belum mulai. Tapi, kita sudah ingatkan kepada penyedia jasa agar pekerjaan tersebut segara dilaksanakan, dan diselesaikan sesuai kontrak kerja,” kata Ames.

Disisi lain sambung Ames, realisasi pekerjaan fisik sudah cukup mengembirakan, namun progres serapan keuangan di Cipta Karya masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih minimnya pencairan dana.

“Banyak juga rekanan yang tidak berminat mengambil uang muka,” tuturnya. (Sutarjo)