Ribuan Warga Sanggau Ikuti Pawai Taruf 1 Muharam

oleh

SANGGAU – Ribuan warga dari berbagai unsur berkumpul di halaman Masjid Agung Al-Mu’awwanah Sanggau jalan H. Abas Kelurahan Ilir Kota, Selasa (11/08/18) pagi. Kedatangan mereka guna mengikuti pawai takruf ke liling Kota Sanggau dalam rangka memeriahkan tahun baru islam 1 Muharram 1440 H.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum PHBI Sanggau Hadi Sudibjo beserta jajaran pengurus, Bupati Sanggau yang diwakili Asisten III, H. Joni Irwanto, Kapolres Sanggau AKBP. Imam Riyadi, Kasdim 1204/Sgu Mayor Inf. Rendra Satrio Wibowo, dan perwakilan Kemenag Sanggau H. Mustaan.

Ketua Umum PHBI Kabupaten Sanggau,  Hadi Sudibjo dalam sambutannya menyampaikan peringatan tahun baru islam 1 Muharram merupakan agenda rutin PHBI untuk memperkenal bahwa umat islam punya tahun baru sendiri. Untuk itu, Ia mengajak umat muslim mengetahuinya, termasuk bagaimana sejarah tahun baru islam itu sendiri.

Pada tahun baru islam 1440 H tahun ini,  PHBI telah menyiapkan dua agenda.

“Agenda pertama PHBI adalah pawai takruf yang kita laksanakan hari ini,” kata Kepala
BPKAD Sanggau itu dalam sambutannya.

Sementara agenda ke dua adalah peringatan tahun baru islam 1440 H yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 16 September 2018 atau 6 Muharram 1440 H. Acara dilaksanakan pada pukul 07.00 – selesai di Gedung Balai Betomu (GPU) Sanggau dengan penceramah Drs. Hamdani Sulma (mantan Kepala Sekolah MAN 2 Pontianak).

Usai ceramah dan doa, lanjut Hadi, PHBI akan mengumumkan pemenang lomba sekaligus pembagian hadiah dalam rangka peringatan hari raya idul adha 1439 H diantaranya pemenang lomba kendaraan hias dan pemenang lomba Pawai Takbir berbusana muslim.

Sementara itu, Asisten III Setda Sanggau Joni Irwanto dalam sambutannya sebelum melepas peserta pawai takruf mengajak seluruh umat muslim menjadikan momentum tahun baru islam sebagai ajang introspeksi diri.

“Kita evaluasi apa yang sudah kita lakukan. Yang kurang baik harus kita perbaiki, terutama dalam urusan ibadah. Hubungan kita dengan Allah SWT dan hubungan kita sebagai mahluk sosial harus dijaga sebaik mungkin, tidak boleh timpang,” ujarnya.

Pemerintah Daerah, kata Joni, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan keagamaan yang ada di Kabupaten Sanggau karena hal itu tertuang dalam salah satu dari seven brand image Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yaitu mewujudkan Kabupaten Sanggau yang berbudaya dan beriman disingkat budiman. (indra)