Pengamanan Idul Adha, Polres Sanggau Libatkan Pemuda Khatolik

oleh

SANGGAU – Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi melibatkan Pemuda Gereja yang tergabung dalam organisasi Orang Muda Khatolik (OMK) dalam pengamanan perayaan hari raya idul adha 1439 H.

Keterlibatan tersebut, kata Kapolres sebagai wujudkan harmonisasi dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Sanggau.

Demikian disampaikan Kapolres saat memimpin apel kesiapan pengamanan Idul Adha 1439 H yang berlangsung di halaman Mapolres Sanggau, Selasa (21/08/18) sore. Hadir dalam apel gabungan TNI/Polri, Dinas terkait, dan OKP tersebut, Sekda Sanggau Al Leysandri, Pasi Ops Kodim 1204/Sgu Kapten Agus dan pengurus OMK Gereja Hati Kudus Sanggau.

Kapolres secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemuda Gereja yang telah aktif membantu pengamanan perayaan umat muslim di Kabupaten Sanggau.

“Malam ini kita mulai membantu TNI/Polri dalam rangka pengamanan seluruh rangkaian perayaan idul adha yang puncaknya akan digelar besok pagi,” kata Kapolres.

Keikutsertaan Pemuda Gereja ini menurut Kapolres sangat penting dalam rangka membina kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Sanggau.

“Ini bentuk tindakan nyata dari sebuah toleransi. Ini lebih dari sekedar kata – kata, karena memang toleransi itu mudah diucapkan dan sulit untuk diterapkan, dan hari ini kita wujudkan dalam tindakan nyata,” ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa keterlibatan Pemuda Gereja ini adalah program dirinya dalam rangka menciptakan kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Sanggau.

“Perayaan hari raya keagamaan melibatkan lintas agama dalam pengamanan Hari Raya Keagamaan sampai tingkat Polsek. Upaya ini juga bertujuan untuk mengikis embrio – embrio intoleransi yang sudah mulai muncul di Kabupaten Sanggau,” pungkas Kapolres. (indra)