Kondisi JCH Kubu Raya Masih Sehat

oleh

ARAB SAUDI – Menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji tahun 2018, jumlah Jemaah Calon Haji (JCH) dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, sudah banyak yang tiba di tanah suci.

JCH Kubu Raya yang tergabung di kloter 11 bersana Kayong Utara, Sekadau dan Kapuas Hulu, sudah tiba di tanah suci mekah. Sementara kondisi jemaah yang berjumlah 305 orang itu dilaporkan dalam kondisi sehat walafiat.

Hal itu disaampaikan salah seorang JCH asal Kubu Raya, Gandhi Satyagraha, melalui saluran telephone.

“Alhamdulillah semuanya sehat dan di bawah pengawasan dokter dan tim medis yang selalu aktif mengontrol jemaah secara langsung. Apabila ada yang perlu penanganan lanjutan, maka segera dirujuk ke sektor 6 untuk diberikan tindakan,” ujar Gandhi.

Pemerintah melalui Kemenag terus mengingatkan semua Jemaah agar setiap Ketua Rombongan (Karom) dan Ketua Regu (Karu) untuk menjaga dan mengingat jemaahnya masing-masing, agar tidak ada tidak ada yang tersesat.

Disamping itu, untuk memproteksi pengaruh cuaca panas dan cukup ekstrim, jemaah diimbau untuk menggunakan masker, spray pelembab masker dan wajah yang sudah dibagikan. Mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini diatas 42 derajat Celcius.

“Saat ini memang kondisi cuaca sangat ekstrim dan diperkirakan akan terus meningkat hingaa saat ibadah wukuf arafah nanti. Sehingga Jamaah diingatkan untuk tetap memggunakan  fasilitas kesehatan yang sudah disipakan guna menghindari dampak cuaca ekstrim di Mekah,” ujar Gandhi. (adi)