Kejari Kapuas Berangkatkan 27 Peserta Operasi Katarak Gratis

oleh

KUALA KAPUAS – Kejaksaan Negeri Kabupaten Kapuas bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas memberangkatkan sebanyak 27 orang penderita katarak untuk mengikuti operasi katarak gratis yang digelar oleh Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah di Palangka Raya dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 tahun 2018.

Pemberangkatan peserta operasi katarak asal Kapuas ini berlangsung di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kapuas, Jumat (03/08/18).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi, awalnya pihaknya telah menjaring sebanyak 94 orang penderita katarak.

“Namun yang memenuhi syarat untuk diikutkan dalam kegiatan operasi katarak yang dilaksanakan Kejati Kalteng, hanyalah sebanyak 27 orang saja,” ujar Apendi saat ditemui disela-sela pemberangkaan peserta operasi katarak.

Kenapa yang lainnya tidak memenuhi syarat ? Karena menurut Apendi, dilihat dari keadaan fisik dan hasil pemeriksaan laboratorium. “Bagi penderita yang gula darahnya tinggi dan hipertensinya tinggi maka tidak bisa kita kirim. Kemudian factor keluarga dan jarak juga yang membuat mereka tidak bisa ikut,” ungkapnya.

Ditambahkan Kadis Kesehatan Kapuas ini, penjaringan penderita katarak dilakukan melalui pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tersebar di 17 kecamatan di Kapuas.

“Jadi, penjaringannya mulai puskesmas. Keberangkatan mereka ke Palangka Raya juga kita dampingi, dari Dinkes ada 9 orang dan dari Kejari Kapuas adanya sebanyak 4 orang yang mendampingi,” pungkas Apendi. (irs)