Tiga Tunggal Putra Indonesia Diyakini Tembus Semifinal

oleh
Pebulutangkis Indonesia Jonatan Christie

JAKARTA – Pelatih tunggal putra PBSI, Hendri Saputra menyebut anak asuhnya punya peluang besar ke babak semifinal Kejuaraan Dunia 2018.

Pernyataan Hendri didasari hasil pengundian sektor tunggal putra yang dinilai cukup menguntungkan wakil Indonesia.

“Target kita di Kejuaraan Dunia itu dari babak ke babak, karena (main) di Kejuaraan Dunia saja sudah bagus. Tapi kalau kita ingin mengarahkan, melihat pengundian yang ada, insya Allah kita (tunggal putra Indonesia) bisa (sampai) semi final,” kata Hendri Saputra.

Seperti diketahui, di Kejuaraan Dunia 2018, Indonesia menurunkan tiga wakil dari sektor tunggal putra yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto. Dari hasil pengundian, ketiganya menempati pool bawah.

Selain mendapat lawan-lawan yang relatif mudah di babak pertama. Absennya Lee Chong Wei dan Son Wan Ho yang juga berada di posisi bawah, sedikit banyak membuka peluang bagi wakil-wakil Indonesia untuk melangkah ke babak semifinal.

Jika didasari dari seed atau penempatan pemain unggulan, hanya ada wakil Jepang, Kento Momota (unggulan enam) dan tunggal putra India, Kidambi Srikanth (unggulan kelima) yang bisa menjadi batu sandungan.

Artinya, jika terus mengalahkan lawannya masing-masing di babak demi babak, dua dari tiga wakil Indonesia dipastikan bertemu di babak semifinal.

“Bisa dlihat langsung (dari hasil pengundian), ada kemungkinan all Indonesia di semi final. Artinya, yang penting ada satu bendera Indonesia di final,” tutur Hendri.

Kejuaraan Dunia 2018 akan berlangsung di Nanjing Olympic Sports Center, Nanjing, Cina pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2018. (suara.com/**)