Belum Datangkan Pemain di Bursa Transfer, Legenda Tottenham Khawatir

oleh
Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino (AFP/IAN KINGTON)

LONDON – Tottenham Hotspur masih adem ayem saja di bursa transfer musim panas 2018. Jendela transfer di Inggris bakal ditutup pada 9 Agustus, Tottenham sama sekali belum mendatangkan pemain sejauh ini! Pasifnya Tottenham ini pun membuat legenda klub, Darren Anderton  khawatir.

Sejauh ini, praktis hanya striker Vincent Janssen yang kembali dari masa peminjaman di Fenerbahce, Selain belum membeli pemain, Tottenham pun sama sekali belum menjual pemainnya di musim panas ini. Pasifnya aktivitas Spurs di bursa transfer pun jadi sorotan fans dan juga pundit sepakbola kebanyakan.

Sebagai informasi, dari akhir musim lalu, manajemen Tottenham memang sudah mewanti-wanti pelatih Mauricio Pochettino  untuk berhemat soal belanja pemain, pasca membangun stadion baru. Dan di musim panas ini, hal serupa pun kembali terjadi.

Ya, Tottenham memang telah mengeluarkan banyak uang untuk membangun stadion baru. Nominalnya sampai 800 juta pounds atau setara Rp 15 triliun! Stadion baru ini sendiri diberi nama ‘Tottenham Hotspur Stadium’ dan berkapasitas 62.000 penonton yang sudah bisa dipakai skuat Tottenham di musim 2018/2019 ini.

Nah, Anderton pun berkomentar soal pasifnya Tottenham di bursa transfer. Meski mengaku khawatir, mantan gelandang andalan Spurs di akhir 90 dan awal 2000-an ini coba sedikit menenangkan para pendukung. Menurut Anderton, keberadaan Pochettino sebagai manajer tim jadi alasan mengapa fans Tottenham tak perlu terlalu risau.

“Orang-orang selalu membahas rekrutan-rekrutan besar di media. Mauricio sudah melakukan banyak hal luar biasa sejak menangani klub,” buka Anderton di Sky Sports.

“Jujur saya sedikit khawatir. Jika Anda ingin memenangi titel, memang benar jika Anda harus mendatangkan pemain besar yang bisa jadi faktor X dan konstan melakukan penyegaran pada skuat. Namun, Mauricio telah melakukan pekerjaan hebat pada apa yang dia punya. Fans sejatinya tak perlu terlalu risau,” celotehnya.

“Fans mesti percaya padanya. Kami semua juga, kami tahu hasil kerja luar biasa yang sudah dia lakukan dalam tiga tahun terakhir. Dia sudah sangat konsisten, itu luar biasa,” jelas mantan pemain Timnas Inggris itu.

“Buat saya, kuncinya adalah kami menjaga para pemain utama, para pemain bintang untuk terus bertahan di klub,” tandasnya.

Tottenham sendiri sukses finis empat besar dalam tiga musim terakhir di ajang Liga Inggris. Musim lalu, mereka finis di posisi ketiga klasemen. (suara.com/**)