Kontes Duren di Sekayam, Warga Bandung Puji Duren Balai Karangan

oleh
Asen (58), warga Bandung. Foto : Istimewa

SANGGAU – Kontes Durian Unggul Asli Kalimantan Barat yang akan digelar di Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Jumat (27/07/18), menarik perhatian Asen (58), warga Bandung, Jawa Barat untuk datang ke Kalbar.

Bersama empat rekannya yang sama-sama dari Bandung, Asen mengaku datang ke Balai Karangan khusus untuk menyaksikan kontes durian.

“Saya dari Bandung lima orang, mau lihat kontes durian di Balai Karangan,” ujarnya saat ditemui di salah satu penginapan di Balai Karangan, Kamis (26/07/18).

Tidak cuma untuk menyaksikan, jauh-jauh datang dari Bandung sejak Rabu (25/07/18), Asen ingin membuktikan ucapan kenalannya di Pontianak bahwa durian asli Balai Karangan terkenal dengan rasanya nikmat.

“Kata Pak Hendro, durian di daerah Balai itu luar biasa nikmatnya. Jadi saya penasaran mau membuktikan nikmatnya durian Balai Karangan,” ucap pria kelahiran Singkawang namun besar di Bandung.

Penasaran dan tidak sabar ingin mencicipi, Asen dan keempat temannya pun segera berburu durian Balai Karangan di pasar setempat.

“Tadi sore saya sudah coba, benar-benar luar biasa nikmat sekali. Saya rasa seumur hidup, saya baru pertama kali makan durian yang seenak di sini. Tebal dagingnya, manis dan pahit bersatu, hampir tidak ada seratnya, bijinya kecil, warnanya juga cantik,” ucapnya.

“Kalau sekarang orang bilang durian Musang King itu enak, saya rasa ini lebih enak, Musang King menurut saya kalah,” kata Asen memuji kenikmatan durian Balai Karangan.

Asen yang merupakan kolektor bibit durian berbagai jenis dan memiliki kebun durian di Singkawang ini sudah memesan bibit durian Balai Karangan untuk dikoleksinya.

“Saya sudah pesan. Kebetulan di kebun saya seluas 5 hektare, sudah punya ratusan bibit unggul, jadi hanya pesan 20 pokok bibit unggulan di sini untuk menambah koleksi,” ujarnya.

Asen berharap, kontes durian di Kalbar bisa diadakan setiap tahun. Menurut dia, hal ini sebagai salah satu bentuk promosi bahwa potensi durian Kalbar tidak kalah dengan durian dari daerah lain.

Selain itu, sambung Asen, saat musim durian, para pedagang hendaknya menyiapkan fasilitas yang nyaman bagi pembeli.

“Durian yang akan dipasarkam ditata yang rapi dengan lighting yang cukup, dengan meja kursi duduk yang nyaman, jadi semua yang datang bisa menikmati durian itu sambil duduk nyaman, sambil menikmati makanan-makanan yang lain,” ucapnya.

Kata Asen, Kalbar sangat berpotensi menjadi provinsi dengan tujuan wisata durian. Tidak cuma wisatawan lokal, tapi juga dari mancanegara.

“Sangat bisa. Dan saya rasa kalau ini dipromosikan, saya bisa bawa rombongan dari Bandung untuk ramai-ramai datang ke sini. Terus fasilitas hotel itu diperhatikan, agar tamu bisa tidur dengan nyaman. Saya yakin Balai Karangan hebat,” tuturnya.

Kontes Durian Unggul Asli Kalimantan Barat diadakan oleh Pemkab Sanggau bekerjasama dengan Distan-TPH Kalbar ini, bakal dihadiri tamu dari Belgia dan Prancis, dan tamu dari sejumlah provinsi. Dalam rangkai kegiatan, nantinya akan ada penanaman 27 ribu bibit durian. (**)