Tim PKK Kapuas Sosialisasikan Gernas Buku dan Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella

oleh

KUALA KAPUAS – Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas belum lama ini mensosialisasikan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Buku) dan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) kepada ibu-ibu PKK, Kader Posyandu dan guru PAUD Kecamatan Kapuas Hulu.

Sekretaris TP PKK Kapuas, Evelin Rianova SE, mengatakan kegiatan sosialisasi yang mereka lakukan tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran orang tua dalam menumbuhkan niat baca kepada anak dan pentingnya edukasi mengenai imunisasi MR.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai petunjuk dari TP PKK Pusat untuk melaksanakan sosialisasi sampai ke desa-desa. Gernas buku  bertujuan  untuk membiasakan orang tua membacakan buku kepada anak sehingga meningkatkan social emosi antara anak dan orang tua,” katanya.

Sedangkan vaksin MR adalah jenis imunisasi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari dua penyakit sekaligus  yaitu  measles (campak) dan rubella (campak Jerman). “Maka, vaksin MR perlu diberikan pada anak untuk mencegah kedua penyakit ini, juga untuk mencegah penyebarannya kepada anak-anak lain,” jelas Evelin.

Sementara itu Plt Camat Kapuas Hulu, Rusindae, mengucapkan terima kasih atas kedatangan TP PKK Kabupaten Kapuas yang telah memberikan ilmu baru bagi masyarakat Kapuas Hulu secara khsus melalui ibu-ibu TP PKK kecamatan.

“Karena gerakan nasional ini mendukung peran keluarga dalam meningkatkan kesadaran pentingnya membacakan buku kepada anak dan sosialisasi kampanye MR dapat mencegah menyebarnya virus dengan adanya imunisasi dini,” katanya. (irs)