Sembilan Titik Api Terdeteksi di Entikong

oleh

SANGGAU –  Polsek Entikong, Kabupaten Sanggau, kembali mencatat sembilan titik panas (hot spot) yang tersebar di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Berdasarkan pantauan satelit sampai hari ini, ada sembilan hot spot. Anggota Polsek dan Koramil sudah melakukan pengecekan langsung ke lokasi sekaligus melakukan pemadaman,” kata Kapolsek Entikong, Kompol Amin Siddiq, Kamis (19/07/18).

Menurutnya, sembilan hot spot itu saat ini sudah padam. Titik panas yang terdeteksi pantauan satelit tersebut bersumber dari pembakaran lahan yang akan digunakan petani untuk berladang.

“Kondisinya sudah padam sekarang. Sebagaimana kita tahu, geografis Entikong bukan tanah gambut, jadi ketika ada proses pembakaran apinya langsung padam saat itu juga. Yang kami pantau luasnya tidak lebih dari dua hektare, istilahnya di aturan itu kearifan lokal,” terangnya.

Meski begitu, Kapolsek terus mengimbau masyarakat khususnya petani untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. Dikatakannya, pembakaran lahan maupun hutan berdampak besar terhadap kestabilan kehidupan sosial, ekonomi dan kesehatan masyarakat.

“Membakar bukan satu-satunya alternatif untuk membuka lahan. Masyarakat bisa menggunakan cara-cara lain yang lebih elegan sehingga dampak yang ditimbulkan bisa diminimalisir,” tuturnya. (indra)