Atasi Karhutla, BPBD Kalbar Siapkan 5 Helikopter

oleh

PONTIANAK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat sudah mempersiapkan lima unit helikopter, untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat.

“Helikopter itu akan disebar ke daerah rawan bencana kebakaran hutan dan lahan, agar bisa segera di atasi,” ungkap Kepala BPBD Kalbar, TTA Nyarong kepada wartawan, Kamis (19/07/18).

Menurut Nyarong, lokasi tempat disiagakan helikopter ini antara lain, satu unit di Kabupaten Ketapang, satu unit di Kabupaten Sintang, dan dua unit di Lanud Supadio Pontianak.

“Bahkan minggu depan kita akan mendatangkan satu helikopter lagi yang akan ditempatkan di Kota Singkawang,” tutur Nyarong.

Nantinya, lima helikopter itu akan difungsikan untuk melakukan water bombing di lokasi hutan dan lahan yang terbakar. Hal ini dikarenakan penggunaan helikopter dinilai lebih cepat menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi.

Selain itu, BPBD Kalimantan Barat tetap berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, serta TNI dan Polri, untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Barat pada tahun ini. (uun)