Ini Yang Dilakukan Danramil Sekayam Cegah Karhutla

oleh

SANGGAU – Untuk mencegah aksi pembukaan lahan dengan cara membakar, Danramil 1204-02/Sekayam melakukan berbagai upaya. Salah satumya adalah dengan mengintensifkan sosiialisai ke sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat Desa di wilayah Kecamatan Sekayam.

Danramil 1204-02/Sekayam Mayor inf. Arman S dihubungi media ini, Rabu (12/07/18) malam menyampaikan, sosialisasi pembukaan lahan tanpa membakar dan ramah lingkungan untuk mencegah dampak negatif dari pembakaran lahan sekaligus rusaknya lingkungan.

“Kami intensifkan sosialisasi ke Desa – Desa dengan melibatkan semua tokoh dan masyarakat setempat. Itu kami lakukan bersama Polri dan masyarakat. Intimya kami selalu .mengedepankan sinergisitas dalam mengatasi persoalan karhutla ini,” kata Danramil.

Selain mengintensifkan patroli, Danramil bersama Polsek Sekayam juga meningkatkan patroli ke liling Desa.

“Yang pentingkan kita harus terus mengajak dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak ada lagi yang membuka.lahan dengan cara membakar,” ujarmya.

Danramil juga menyampaikan, pada hari ini, Rabu (12/07/18), betdasarkan releas BMKG sekitar pukul 15.30 Wib, ditemukan satu titik api di Dusun Lubuk Tengah Desa Lubuk Sabuk Kecamatan Sekayam.

“Kami langsung kejar ke TKP. Informasinya lahan 0,6 hektar yang dibakar itu akan digunakan untuk pertanian,” teramg Danramil.

Pemilik lahan, lanjut Danramil, selanjutnya diberikan pencerahan agar tidak mengulangi lagi membuka lahan dengan cara membakar.

“Kami berharap pelaksanaan pembakaran lahan yang telah dilakukan tahun lalu agar dimanfaatkan dengan baik jangan berpindah – pindah. Dan saat sosialisasi kami juga melibatkan PPL setempat agar lahan yang dibakar tahun lalu digunakan untuk perkebunan seperti jagung, kedelai dan sejenisnya, itukan bagus untuk petani,” pesan Danramil. (indra)