Tim SAR Pontianak Evakuasi Penumpang KMP Dharma Fery II yang Kandas di Muara Sukabangun

oleh
Tim SAR saat mengevakuasi penumpang KMP Dharma Fery II. Foto : Istimewa

KETAPANG – Tim gabungan BASARNAS, KSOP, KKP,  Pos TNI AL, Polair, PT.Pelindo II Ketapang berhasil mengevakuasi keseluruhan  penumpang KMP Dharma Fery II berjumlah 668 orang.

KMP Dharma Fery II berangkat dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang Menuju pelabuhan Sukabangun, Kabupaten Ketapang.

Kapal tersebut sudah memasuki muara sungai Pawan Jumat malam (06/07/18) sekitar pukul 19.00 WIB, akan tetapi kurangnya debit air pada saat itu menyebabkan kapal kandas dan tidak bisa bergerak di muara Sukabangun.

Keseluruhan korban terdiri dari 615 orang dewasa, 45 anak-anak, dan 8 balita berhasil dievakuasi dengan selamat menggunakan RIB Pos SAR Ketapang, Speed Boat KSOP, Kapal tongkang dan Tugboat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika, SH, M.Si dalam keterangan persnya membenarkan kandasnya KM Dharma Fery II di muara Sukabangun.

“Begitu terima info dari keluarga korban, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak segera melakukan koordinasi dengan Kepala KSOP melalui handphone, yang kemudian membenarkan info tersebut,” ucapnya, Sabtu (07/07/18).

Ia menambahkan, kemudian diambil tindakan bersama yaitu melakukan Rede transportasi, yakni dengan memindahkan penumpang dengan alut yang lebih kecil dan aman, sebagai bentuk antisipasi bila hal-hal yang tidak diinginkan dikarenakan oleh alam atau lainya.

Lebih lanjut Hery Marantika mengatakan proses evakuasi melibatkan 30 orang tim SAR gabungan.

“Proses evakuasi yang dimulai sejak pukul 05.00 pagi hingga pukul 14.00 telah selesai, sekitar 30 petugas tim gabungan telah melakukan proses evakuasi ini,” ucapnya. (**)