Setelah Menanti 28 Tahun, Timnas Inggris ke Semi Final Piala Dunia

oleh
Penyerang Inggris, Raheem Sterling (kedua dari kiri), mencoba merebut bola dari kaki gelandang Swedia, Albin Ekdal, dalam laga perempat final Piala Dunia 2018 di Cosmos Arena, Rusia, Sabtu (07/07/18). Foto : Anadolu

MOSKOW – Timnas Inggris melaju ke semifinal Piala Dunia 2018 Rusia usai mengalahkan Swedia di babak perempat final, Sabtu (07/07/18). Dalam laga yang digelar di Cosmos Arena, Inggris menang 2-0 setelah di babak pertama unggul 1-0.

Bagi Inggris, ini merupakan semifinal pertama mereka di turnamen empat tahunan tersebut dalam 28 tahun terakhir.

Terakhir kali Inggris mencicipi babak semifinal Piala Dunia, yakni di tahun 1990 di Italia. Kala itu, The Three Lions—julukan Inggris—takluk oleh Jerman Barat lewat adu penalti.

Drama tersebut harus digelar setelah hingga 90 menit waktu normal dan ditambah dengan dua kali extra time, kedua negara masih bermain imbang 1-1.

Gol Jerman Barat saat itu dicetak Andreas Brehme pada menit 60, sebelum dibalas oleh Gary Lineker selang 20 menit kemudian.

Dua penendang Inggris, Stuart Pearce dan Christopher Waddle, gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti yang membuat Jerman Barat melangkah ke final dengan skor 4-3 di babak penalti.

Inggris sendiri akhirnya harus puas menempati peringkat keempat pada Piala Dunia 1990 setelah takluk 1-2 dari tuan rumah Italia dalam laga perebutan tempat ketiga.

Jalannya Pertandingan

Di awal pertandingan, kedua tim tampak masih meraba-raba kekuatan lawan masing-masing. Inggris mendominasi jalannya pertandingan di sepuluh menit awal babak pertama.

Swedia membuka peluang pertama pada menit 12. Namun, tembakan Viktor Claesson masih melambung tinggi di atas mistar gawang Jordan Pickford.

Meski usaha Claesson belum membuahkan hasil, namun kondisi ini mengangkat mentalitas pasukan The Blue Yellow—julukan Swedia—untuk mencoba mengambil alih dominasi permainan.

Harry Kane nyaris saja memecahkan kebuntuan bagi Inggris menit ke-19. Sepakan kaki kanan mendatar top skor sementara Piala Dunia 2018 itu masih tipis menyamping di sisi kanan gawang Swedia.

Di pertengahan babak pertama, Inggris mencoba mengubah pola serangan melalui sisi sayap, mengandalkan kecepatan Kieran Trippier dan Ashley Young di sisi kanan dan kiri.

Gol yang ditunggu-tunggu dalam pertandingan ini akhirnya tercipta di menit 30. Harry Maguire mencetak gol pembuka bagi Inggris.

Berawal dari tendangan sudut, Young mengirim umpan langsung ke jantung pertahanan Swedia yang disambut Maguire dengan kepalanya.

Bola hasil sundulan tersebut menghujam deras ke jala gawang Swedia yang tak mampu diantisipasi penjaga gawang Robin Olsen. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Kondisi ini membangkitkan semangat anak asuh Gareth Southgate untuk menambah pundi-pundi gol. Salah satunya lewat usaha Raheem Sterling di menit 45.

Sterling yang lepas dari jebakan offside, menyambut umpan jauh Trippier, gagal mengelabui Olsen.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit Bjorn Kuipers dari Belanda tanda turun minum, skor 1-0 untuk Inggris tetap bertahan.

Dele Alli Gandakan Keunggulan

Di babak kedua, Swedia mengubah tempo permainan dengan mulai berani keluar menyerang setelah di 45 menit pertama lebih banyak ‘dipaksa’ bermain bertahan.

Hasilnya, laga baru berjalan dua menit, Marcus Berg hampir saja membuat skor kembali imbang.

Beruntung bagi Inggris, Pickford berada dalam posisi yang tepat untuk menepis bola sundulan Berg, menyambut umpan silang dari sisi kiri.

Sepuluh menit babak kedua bergulir, Pelatih Timnas Swedia Janne Andersson tampak mengubah skema permainan menjadi lebih menyerang, ke formasi 4-3-3 dari sebelumnya 4-4-2.

Situasi ini membuat pertarungan di lapangan tengah jadi tak imbang. Pasalnya, Inggris menempatkan lima pemainnya di lini tengah.

Keunggulan ini membuat Inggris leluasa untuk mengembangkan serangan. Dan gol kedua untuk mereka pun lahir di menit 59.

Kali ini Dele Alli yang mencatatkan namanya di papan skor lewat sundulan kepalanya, assist dari Jesse Lingard. Skor 2-0 untuk Inggris.

Tiga menit berselang, Pickford kembali membuat penyelamatan gemilang setelah dengan memblok tendangan Viktor Claesson hasil kerja sama satu dua dengan Berg.

Di menit 65, Andersson memasukkan dua tenaga baru sekaligus. Martin Olsson masuk menggantikan Emil Forsberg dan Ola Toivonen ditarik keluar, digantikan John Guidetti.

Pickford membuat penyelamatan ketiganya pada pertandingan ini dengan menepis keluar gawang bola sepakan kaki kiri Berg pada menit 72.

Setelahnya permainan tampak lebih terbuka. Kedua tim silih berganti melakukan serangan.

Dipenghujung pertandingan, Swedia memperoleh peluang lewat tendangan bebas yang hanya berjarak kurang lebih satu meter di luar kotak penalti.

Sayangnya, sepakan Ludwig Augustinsson masih melambung tinggi di atas gawang.

Hingga babak kedua berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Inggris tak berubah. Inggris pun melaju ke semifinal.

Di semifinal Piala Dunia 2018, 11 Juli mendatang di Luzhniki Stadium, Inggris akan menghadapi pemenang babak perempat final lainnya, antara Rusia dan Kroasia yang baru akan bertanding Minggu dini hari WIB.

Susunan Pemain Swedia vs Inggris di Perempat Final

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Emil Krafth (Pontus Jansson 85′), Victor Lindelof, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson; Viktor Claesson, Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg (Martin Olsson 65′); Marcus Berg, Ola Toivonen (John Guidetti 65′)

Pelatih: Janne Andersson

Inggris (3-5-2): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele Alli (Fabian Delph 77′), Jordan Henderson (Eric Dier 85′), Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling (Marcus Rashford 90′), Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

(suara.com/**)