Ini Rahasia Strategi Pelatih Belgia Taklukan Brasil

oleh
Pelatih Belgia di Piala Dunia 2018, Roberto Martinez. Foto : AFP

MOSKOW – Pelatih Belgia, Roberto Martinez, mengungkapkan rahasia di balik keberhasilan timnya mempermalukan lima kali juara dunia, Brasil dengan skor 1-2 di perempat final Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Rusia, Sabtu dini hari (07/07/18) waktu Indonesia.

Susunan pemain Belgia memang berbeda di laga kontra Brasil jika dibandingkan dengan empat laga sebelumnya di Piala Dunia 2018.

Dalam laga itu, Kevin de Bruyne yang tadinya biasa dipasang sebagai gelandang kini dimainkan sebagai striker, menemani Romelu Lukaku dan Eden Hazard.

Sementara di lini tengah muncul dua nama baru: Marouane Fellaini dan Nacer Chadli. Kedua pemain yang memiliki gaya lebih bertahan ini mengisi tempat Dries Mertens dan Yannick Carrasco yang lebih ofensif.

Melawan Brasil, alih-alih menguasai bola seperti saat melawan Jepang, Belgia malah lebih banyak menunggu untuk melakukan serangan balik lewat sayap yang ditinggalkan bek-bek Madrid saat membangun serangan.

“Saya tak pernah kalah di atas papan taktik,” klaim Martinez dalam jumpa pers usai laga, “Yang terpenting adalah eksekusi (taktik) dan dalam laga ini eksekusi kami luar biasa.”

“Para pemain harus berani untuk mengubah cara bermain dan kami punya dua hari untuk melatihnya,” jelas dia seperti dilansir Goal.com.

Lolos dari perempat final, Belgia akan berjumpa Prancis di semifinal. Prancis merupakan salah satu tim kaya bintang di Piala Dunia 2018.

Dan menurut Martinez, kemenangan melawan tim sebesar Brasil akan menjadi modal kuat di laga kontra Prancis.

“Ini kemenangan istimewa. Kami mengalahkan Brasil di Piala Dunia. Kami menciptakan memori yang indah, yang layak dikenang, dan diwariskan,” kata Martinez.

“Kini kami butuh energi lebih untuk semi final,” tutup dia. (suara.com/**)