Tokoh Lintas Etnis di Sanggau Sepakat Jaga Ketentraman

oleh

SANGGAU – Menyikapi situasi dan kondisi masyarakat Kabupaten Sanggau secara khusus dan Kalbar pasca Pilkada, sejumlah tokoh lintas etmis menggelar rapat koordinasi yang digelar di ruang kerja Wakil Bupati Sanggau.

Rapat koordinasi yang dilanjutkan dengan pernyataan sikap tersebut, dipimpin Ketua DAD Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot yang juga Wakil Bupati Sanggau.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut diantaranya Sekretaris DAD Sanggau Suhardi. TB, Pengurus MABM Sanggau yang diwakili Fahriadi dan Ade Safari, Ketua MABT Sanggau Liu Chen Khiong didampingi Ketua Yayasan Pekong Tridarma Afuk, Perwakilan Paguyuban Jawa Suginto dan Sugiman, Pengurus PDKS Urbanus, Ketua IKBM, M. Kholil dan perrwakilan Jurnalis Hendri Cornelius

Usai rapat, para tokoh lintas etnis tersebut membacakan pernyataan sikap yang isinya adalah sebagai berikut:

  1. Menjunjung tinggi perbedaan, menghargai menghargai kemajemukan dan tetap berkomitmen menjaga keutuhan dan ketentraman di Kabupaten Sanggau.
  2. Tidak akan terpengaruh dengan provokasi dari manapun dan dari siapapun yang akan merusak rasa persaudaraan dan persatuan kami di Kabupaten Sanggau.
  3. Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama – sama menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Sanggau yang kita cintai.
  4. Mengimbau kepada semua pihak agar mewaspadai pihak – pihak tertentu yang bermain, menghasut, mengadu domba antar umat beragama dan antar etnis dan antar organisasi kemasyarakatan di wilayah Kabupaten Sanggau dan tidak mempercayai berita – berita hoax dan lain sebagainya demi
  5. Meminta aparat keamanan menindak tegas siapapun yang mencoba merusak persatuan dan rasa persaudaraan kami yang selama ini terjalin dengan sangat baik di Kabupaten Sanggau.

Demikian pernyataan sikap ini demi menjaga ketentraman dan kedamaian di Kabupaten Sanggau.

“Puji Tuhan pernyataan sikap para tokoh lintas etnis tadi bisa berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan semua pihak,” kata Sekretaris DAD Kabupaten Sanggau, Suhardi TB kepada wartawan, Jumat (06/07/18). (indra)