Pasangan Ben-Nafiah Unggul di Pilkada Kapuas

oleh

KUALA KAPUAS – Dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2018, Kamis (05/07/18). Pasangan Ben Brahim-Nafiah Ibnor (Ben-Nafiah) mengungguli pasangan Mawardi-Muhajirin (2M) dengan selisih suara 21.009 suara atau sekitar 12,7 persen.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2018 berlangsung di Gedung Magantang Tarung Jalan Garuda Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas. Rapat pleno semula dijadwalkan 2 hari, namun ternyata satu hari bisa selesai hingga rapat ditutup pukul 19.00 WIB.

Adapun hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2018, pasangan nomor urut 1 yakni  Ben Brahim S Bahat dan Nafiah Ibnor (Ben-Nafiah)  memperoleh 93.179 suara atau sekitar 56,35 persen. Kemudian pasangan nomor urut 2 yakni Muhammad Mawardi dan Muhajirin (2M) memperoleh 72.170 suara atau sekitar 43,65 persen.

“Kita ketahui bersama berdasarkan hasil perhitungan suara, pasangan Ben-Nafiah unggul dengan selisih suara 21.009 suara atau sekitar 12,7 persen,” papar Ketua KPU Kabupaten Kapuas, Budi Prayitno usai rapat pleno.

Budi menyebutkan pihaknya menunggu hingga 3 hari ke depan. “Dalam tiga hari, kita akan melihat apakah ada gugatan atau tidak. Jika ada gugatan maka kita menunggu hasil putusan peradilan, namun jika tidak ada gugatan maka kita akan langsung menjadwalkan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kapuas terpilih,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat rapat pleno berlangsung memang terdapat berbagai protes dari saksi pasangan 2M diantaranya terkait dugaan adanya kejanggalan yang disebut mereka terstruktur, sistematik dan masif di sejumlah kecamatan yakni salah satunya masalah politik uang.

“Terkait dugaan kejanggalan atau kecurangan kan bukan ranah dan wewenang kami, jadi tidak seharusnya disampaikan di rapat pleno ini. Memang ada protes, tetapi secara umum rapat pleno hari ini berjalan aman dan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Polri dan TNI yang sudah mengamankan rapat ini,” tutup Budi. (irs)